Friday, December 13, 2019

10 Destinasi Wisata Kalimantan Barat Yang Menarik

Merupakan provinsi yang terluas ke-empat di Indonesia, tentunya Kalimantan Barat kaya akan alamnya. Alam yang indah dengan bentangan hutan yang hijau menjadikan tempat tersebut sebagai paru-parunya dunia. Berbagai jenis satwa dan flora bisa ditemukan dalam hutan tropis yang sungguh lebat.

Banyak air terjun yang juga tak kalah megahnya dengan diluar sana. Bukit-bukit yang kokoh dengan tebing yang curam menjadi pemandangan yang menarik untuk dieksplor. Sungai-sungai yang meliuk dan bercabang, memberi daya tarik untuk disusuri.

Meskipun sebagian besar wilayahnya merupakan daratan, namun bukan berarti Kalimantan Barat miskin akan keindahan pantainya. Banyak pantai-pantai menarik yang dapat dikunjungi ketika datang disini. Gugusan pulau dan keindahan bawah laut juga menjadi daya tarik untuk melakukan diving atau hanya sekedar berlibur.

Untuk budaya jangan diragukan, Kalimantan Barat pasti juaranya. Ada banyak budaya yang bisa dinikmati disini. Budaya-budaya tersebut masih terpelihara sangat baik dan hidup rukun berdampingan tanpa mengkesampingkan. Tidak hanya itu, Kalimantan Barat juga memiliki sejarah menarik yang untuk diketahui.

Tanpa basa-basi lagi, berikut 10 destinasi wisata menarik yang ada di Kalimantan barat.

1. Tugu Khatulistiwa

@khatulistiwapark.official

Destiansi wisata pertama yang harus anda kunjungi adalah Tugu Khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa merupakan monumen yang dibangun oleh para ekspedisi geografi berkebangsaan Belanda, untuk menentukan titik nol derajat atau yang biasa disebut garis ekuator.

Tugu Khatulistiwa ini terletak di Kota Pontianak, sebuah kota yang sering dijuluki sebagai Kota Khatulistiwa. Banyak hal menarik yang bisa anda lakukan disini. Seperti mendirikan telur, menyaksikan hari tanpa bayangan, menikmati keindahan Sungai Kapuas dan yang tak ketinggalan adalah menyantap kuliner khas Pontianak.

Untuk datang kesini disarankan pada tanggal 21-23 Maret atau 21-23 September. Karena pada saat tersebut akan diadakan Festival Kulminasi Matahari Pontianak atau hari tanpa bayangan. Pada saat tersebut akan banyak parade budaya yang akan ditampilkan.

2. Riam Mananggar

@zoeljuliansyah
Seperti yang saya katakan sebelumnya, Kalimantan Barat itu sangat kaya akan alamnya. Salah satu buktinya adalah Riam Mananggar. Riam merupakan sebutan masyarakat Kalbar yang memiliki arti air terjun.

Riam Mananggar berada di Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak. Riam Mananggar ini sering disebut sebagai Niagara-nya Kalbar, karena memiliki bentuk yang hampir sama. Hanya saja ukurannya lebih kecil dibandingkan yang ada di Amerika Serikat. Air terjun Mananggar ini memiliki ketingggian nencapai 60 meter.

Tidak hanya Riam Mananggar, di Kabupaten landak ini juga banyak terdapat air terjun lainnya. Seperti Riam Dait, Riam Tikalong, Riam Setegung dan yang lainnya. Masing-masing air terjun tersebut memiliki keindahan tersendiri.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjunginya? Saran saya jika ingin datang kesini lebih baik disaat bertepatan dengan Gawai Dayak atau yang lebih dikenal dengan Naik Dango. Pada saat tersebut banyak ditampilkan kesenian dan budaya dari masyarakat Dayak.

3. Riam Dait

@amazingborneo.id

Masih berada di Kabupaten Landak. Kali ini destinasi wisata menarik yang wajib dijadikan list tujuan teman-teman ketika liburan adalah Riam Dait.

Air terjun yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Yaitu memiliki  tujuh tingkatan. Jadi buat anda yang memiliki jiwa petualang, tempat tersebut merupakan tempat yang tepat untuk menguji adrenalin.

4. Danau Sentarum

@muhammadvalentholic

Danau Sentarum adalah salah satu destinasi wisata Kalimantan Barat yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu. Untuk sampai disini setidaknya memerlukan waktu kurang lebih 14 jam dari Kota Pontianak. Tapi tenang sobat, rasa lelah anda selama perjalanan akan terbayarkan ketika sampai disini.

Danau sentarum akan dipenuhi air ketika musim hujan tiba. Sebaliknya, jika musim kemarau tiba maka airnya akan mengering hingga 80%. Di Danau Sentarum ini juga terdapat ikan yang dibanggakan oleh masyarakat Kalbar. Yaitu ikan arwana atau juga dikenal sebagai siluk merah. Selain itu, dihutan lebat sekitar Danau Sentarum juga banyak terdapat lebah hutan yang merupakan penghasil madu.

Untuk keindahan alamnya jangan diragukan lagi. Pastinya sangat menarik. Dari atas bukit kita bisa melihat bagaimana eloknya perpaduan Danau Sentarum dan hijaunya hutan yang lebat. Selain itu, kita juga bisa menyusurinya dengan menggunakan transportasi air tradisional masyarakat setempat. Kalau mau, bisa juga ikut pendudk setempat untuk menangkap okan atau memanen madu dihutan.

Jika ingin datang kesini lebih baik bertepatan dengan Festival Danau Sentarum yang biasanya diadakan pada bulan oktober. Pada festival tersebut kita bisa menyaksikan berbagai atraksi budaya dan sajian kuliner setempat

5. Bukit Kelam

@tatajuwit

Jika anda berkunjung ke Kalimantan Barat, jangan lupa untuk sekalian mampir ke tempat yang satu ini. Orang-orang memanggilnya Bukit Kelam. Sebongkah batu monolit yang memiliki ukuran besar

Bukit kelam saat ini semakin digadang-gadangkan sebagai salah satu ikon wisata di Kalimantan Barat. Destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Sintang ini tidak hanya didatangi wisatawan dalam negeri saja, tetapi juga dari mancanegara. Para bule yang datang tersebut kebanyakan untuk melakukan riset.

Keindahan bukit kelam tidak hanya didepan mata saja. Saat ini juga telah disediakan tangga yang akan mempermudah disaat mendaki. Dari atas puncak, anda bisa melihat bagaimana keindahan Kota Sintang dan hijaunya hamparan pepohonan.

6. Mangrove Park Mempawah

@rikykurniawann

Merupakan daerah pantai, membuat wilayah pesisir Kabupaten Mempawah ini semakin abrasi. Jalan yang dulunya jauh dari bibir pantai, sekarang sudah mepet beberapa meter lagi. Oleh karena itulah, banyak pemerhati lingkungan yang prihatin akan masalah tersebut.

Usut punya usut, ternyata salah satu penyebab abrasi pantai yang semakin pesat dikarenakan semakin berkurangya pohon mangrove. Padahal pohon-pohon tersebut memiliki fungsi sebagai pemecah ombak sebelum menyentuh daratan pesisir.

Hal tersebut menggerakkan hati penggiat lingkungan, Raja Fajar Azansyah dan rekan-rekan. Saat itu, mereka mulai menanam pohon mangrove di pesisir Mempawah Hilir. Atas usaha dan semangat beliau, perlahan-lahan mangrove tersebut tumbuh membesar dan menjadi deretan pohon yang hijau.

Keberhasilan beliau dan rekan-rekan mendapatkan apresiasi dan banyak dicontohi daerah yang lain. Sekarang tempat yang satu ini tidak hanya sebagai pencegah abrasi, melainkan juga menjadi tujuan wisata. Untuk sampai kesini kurang lebih waktu 2 jam perjalanan dari Kota Pontianak.

Jika ingin datang kesini sebaiknya bertepatan dengan Festival Robo'-Robo'. Karena pada saat tersebut akan ada penampilan budaya dan perlombaan tradisional. Kini Mangrove Park Mempawah Semakin bersolek dan semakin ramai dikunjungi.

7. Bukit Rindu Alam

@linawaty_lin

Menghabiskan waktu untuk duduk bersantai sambil menikmati panorama alam dari atas ketinggian memang memberikan ketenangan. Ayo siapa yang setuju dengan kata-kata tersebut? Kalau setuju maka destinasi yang satu ini sangat cocok untuk anda.

Bukit Rindu Alam. Begitulah orang-orang memanggilnya. Katanya, kalau kita sudah pernah datang kesini maka ingin kembali lagi.

Lokasi destinasi wisata Kalimantan Barat yang satu ini berada di Kota Singkawang, 142 kilometer dari Pontianak. Bukit Rindu Alam menyajikan panorama alam yang indah. Dari atas sini kita bisa melihat landscape Kota Singkawang, bibir pantai yang memanjang dan ombak yang berkejaran.

Tidak jauh dari Bukit Rindu Alam, juga ada tempat wisata lainnya. Seperti Pantai Pasir Panjang, Pantai Tanjung Bajau dan Sinka Island Park. Selain itu ada juga Pulau Simping yang merupakan pulau terkecil didunia. Untuk datang kesini disarankan pada saat Cap Go Meh. Selain anda bisa menikmati keindahan alamnya, anda juga bisa menikmati keindaham budayanya.

8. Pulau Lemukutan

@jm_din

Setelah bermain di air terjun dan pantai, kali ini saya akan mengajak anda untuk menyeberang ke sebuah pulau. Pulau ini sangat eksotis dan masih asri. Meskipun pulau ini berpenduduk, namun kebersihan dan keindahan pulau masih tetap terjaga.

Pulau ini bernama Lemukutan. Terletak di Kabupaten Bengkayang, 113 kilometer dari Kota Pontianak. Berada diantara Kabupaten Mempawah dan Kota Singkawang.

Selain keindahn pantainya, pulau ini juga memiliki surga bawah laut yang menawan. Beragam jenis terumbu karang dan ikan bisa ditemukan disini. Selain itu, disini juga mudah dijumpai penyu yang sedang berenang.



9. Pantai Temajuk

@trsandi

Pantai Temajuk merupakan salah satu pantai eksotis yang ada di Kalimantan Barat. Pantai ini terletak di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Jarak perjalanan yang ditempuh kurang lebih 403 kilometer atau waktu tempuh kurang lebih 8 jam. Hmm, bagaimana?

Meskipun jauh, namun keindahan alam yang didapat setimpal dengan perjuangan yang dikeluarkan. Selain keindahan pantainya yang mempesona, disini juga anda bisa melihat bagaimana penangkaran penyu. Dan jika beruntung, anda akan melihat bagaimana anak penyu berlarian menuju kelautan.

Tidak jauh dari Pantai Temajuk, anda juga bisa sekalian bertandang ketempat wisata tetangga. Jaraknya tidak jauh dan untuk masuk kesana pun tidak susah.

10. Makam Juang Mandor

Add caption

Air terjun sudah. Bukit sudah. Pantai sudah. Pulau sudah. Nah kali ini mungkin teman-teman butuh tempat wisata bersejarah yang mengedukasi. Untuk wisata tersebut, Kalimantan Barat juga punya.

Ada banyak tempat bersejarah yang ada di Kalimantan Barat, salah satunya adalah Makam Juang Mandor. Situs yang sangat bersejarah ini terletak di Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak. Untuk sampai kesini anda harus menempuh jarak 94 kilometer atau waktu kurang lebih 2 jam.

Makam Juang Mandor menyimpan kisah yang sangat memilukan. Disinilah, kurang lebih 21.037 orang dibantai oleh para tentara Jepang. Peristiwa ini kemudian dikenal sebagai tragedi Mandor Berdarah atau peristiwa Mandor.

Dikomplek Makam Juang Mandor ini setidaknya terdapat 10 makam. Dimana makam 1 sampai 9 merupakan makam rakyat biasa dan makam 10 meruoakan makam raja-raja dan orang yang berpengaruh di Kakimantan Barat.

Pada depan Makam Juang Mandor ini juga terdapat dinding beton yang berlapiskan marmer dan relief di kiri kanannya. Rekief ini menggambarkan bagaimana kekejaman tentara Jepang membunuh dengan senjatanya.

Itulah 10 destinasi wisata Kalimantan Barat yang menarik untuk dikunjungi. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata menarik yang belum disebut disini. Sengaja, biar teman-teman penasaran dan segera berkunjung ke Kalimantan Barat.

Media Sosial yang digunakan: