Saturday, December 14, 2019

Obat Alami Untuk Menyembuhkan Diare



Terserang diare memang sangat mengganggu. Selain perut yang terasa mulas dan tidak bersahabat, kita juga diharuskan untuk bolak-balik menuju kamar mandi. Tidak hanya itu, kebanyakan membuang air juga membuat tubuh terasa lemas dan tidak bertenaga

Saya  sebelumnya punya pengalaman terkena penyakit diare. Saat itu merupakan momen lebaran idul fitri, dimana semua orang berbahagia dan berkumpul dengan sanak keluarga. Namun berbeda dengan saya yang hanya terbaring lesu sambil menahan rasa sakit. Mana besoknya ada janjian dengan teman untuk lebaran keliling bersama-sama.

Obat generik diare yang dibeli di warung sudah diminum. Namun tetap saja tidak ada perubahan. Saat itu saya berfikir, mungkin ini sudah takdir Tuhan untuk menjalani lebaran dengan sebuah cobaan. Dan pastinya juga, rencana jalan-jalan bareng teman tentunya akan gatot. Gagal Total.

Ketika sakit dirumah, tentunya selalu ada sosok malaikat tanpa sayap yang selalu mencemaskan keadaan kita. Ya, dialah ibu. Saat itu Emak (saya memanggilnya begitu) menyarankan untuk segera dibawa ke klinik kesehatan yang ada di kota kecamatan. 

Namun saya menolaknya. Selain karena memikirkan biaya yang akan dikeluarkan, tetapi juga jarak yang ditempuh jauh. Belum lagi keadaan jalanan yang berlubang-lubang. Bisa-bisa keduluan keluar dicelana sebelum tiba di klinik kesehatan.

Emak pun tidak tinggal diam. Ia lantas menyuruh adik untuk meminta sawo muda  kerumah tetangga. Barulah kemudian diracik menjadi obat tradisional untuk diare.

"Coba diminum airnya." Emak menyuruh sambil menyodorkan sebuah gelas dengan air yang berwarna agak coklat.

Tanpa banyak tanya, saya pun langsung meminum dan menghabiskannya. Itu adalah air sawo muda yang dipinta ketetangga tadi. Untuk rasanya jangan ditanya lagi, pastinya pahit. Tapi setidaknya ini adalah obat herbal untuk diare yang tidak memiliki efek samping.

Setelah meminum air perasan sawo tadi, Emak kembali menyodorkan sebuah piring kecil. Itu merupakan ampas sawo yang harus ditempelkan ke perut. Lagi-lagi tanpa bertanya, saya langsung melaksanakan tugas tersebut. Dari pada harus dibawa ke klinik kesehatan yang jauh nun disana.

Setelah meminum resep tersebut, alhamdulillah rasa sakit diare perlahan-lahan mulai hilang. Tidak lagi bolak-balik ke kamar mandi. Hanya tubuh saja yang masih lemas, tidak bertenaga. Hari esoknya saya sudah sehat dan bisa ikut lebaran keliling bersama teman-teman.

Sebenarnya obat herbal disekitar kita itu sangat banyak. Hanya karena kita saja yang inginnya lebih instan, tidak mau usaha dan sedikit bersabar. Oh iya, obat herbal yang satu ini juga ampuh untuk teman-teman yang tinja atau kotorannya bercampur darah.

Buat teman-teman yang sedang mengalami diare dan butuh obat herbal segera mungkin tentunya tidak perlu panik. Karena untuk membuat obat diare diatas sangat gampang. 

Siapkan 2 buah sawo muda yang berukuran sedang. Parut semua sawo muda tersebut, baru kemudian diperas untuk diambil airnya. Lalu tambahkan sedikit garam pada perasan airnya. Air tersebut lalu diminum dan ampasnya ditempelkan ke perut.

Bagaimana? Mudahkan! Selamat mencoba.

Media Sosial yang digunakan: