Wednesday, December 11, 2019

Iklan AdSense di Blog Tidak Tampil


Setelah lama vakum dari dunia blogger, akhirnya saya iseng-iseng untuk melihat keadaan blog saya. Kira-kira seperti apa setelah lama tidak diisi konten? Saya pun mulai  membukanya melalui android dan hasilnya sungguh mengejutkan. 

Bukan! Bukan jumlah pengunjung blognya yang semakin bertambah. Melainkan malah sebaliknya. Jumlah trafik mengunjung turun drastis, lebih dari separuhnya. Menjadi mahasiswa akhir dan belum lagi ditambah masalah pribadi membuat saya benar-benar lupa untuk merawat yang satu ini.

Tidak hanya sampai disitu, saya juga mulai merambah ke yang lain. Mulailah mencoba untuk membuka bagian penghasilan, berharap recehan yang ada disaldo semakin bertambah. Namun ternyata, apa yang dibayangkan tidak sesuai dengan kenyataan. Hasilnya nol besar. Tidak ada penambahan sedikit rupiah pun dari bulan-bulan yang kemarin.

Dibagian atas layar ada sebuah pemberitahuan yang berwarna merah. 'Unit iklan anda tidak menampilkan iklan karena identitas anda gagal di verifikasi. Saat itu, detak jantung jantung saya mulai sedikit mengencang. Seperti boomerang yang mau perang. Hehe.

Tapi serius, melihat peringatan tersebut membuat saya menjadi panik. Apakan lagi saya adalah seorang blogger pemula yang sangat kekurangan dalam pengetahuan tersebut. Saya ingin langsung memverifikasi, tapi takut melakukan kesalahan. Pokoknya saat itu saya merasa panik.

Saya pun membuka halaman baru. Mencoba mengecek apakah tampilan blog saya benar-benar tidak menayangkan iklan. Dan ternyata hasilnya iya. Tidak ada satu pun iklan yang tampil. Begitu pula membuka dengan menggunakan android teman, namun hasilnya tetap sama.

Merasa was-was untuk memverifikasi alamat, saya kembali berselancar di mbah google untuk mencari informasi. Saat itu kata kunci yang diketikkan 'kenapa ikan adsense di blog tidak tampil'. Dalam hitungan detik, muncul deretan konten dalam pencarian tetsebut.

Terpilihlah salah satu artikel yang dibuka. Penjelasannya sangat menarik dan sebelumnya blog tersebut juga mengalami hal yang sama seperti saya ini. Usut punya usut, ternyata setiap penghasilan yang telah mencapai 10$ maka akan dimintai untuk memverivikasi identitas. Jika tidak melakukannya, maka iklan di blog tidak akan tayang.

Lalu apakah saya langsung percaya? Tidak! Selanjtnya  saya membuka lagi artikel berikutnya. Dan penjelasannya kurang lebih sama. Setelah itu barulah percaya dan siap tancap gas untuk melakukan aksi.

Menggunakan panduan artikel sebelumnya, dengan hati-hati saya mencoba memulai. Oh iya, kalau misalkan teman-teman kurang paham melalui artikel, teman-teman juga bisa membuka youtube untuk mencari infonya.

Ternyata untuk memverifikasi identitas google adsense cukup mudah. Tinggal kita pilih atau klik  sebuah tulisan 'VERIFIKASI SEKARANG'. Tunggu beberapa saat dan muncullah halaman baru.

Ketika sampai disini teman-teman tidak perlu panik seperti yang terjadi pada saya. Disini tentunya kita akan diarahkan dengan sebuah penjelasan. Untuk memverifikasi identitas, teman-teman bisa menggunakan KTP, SIM atau Paspor. Pilih salah satu saja, jangan semuanya.

Setelah itu, teman-teman unggah salah satu foto tersebut. Yang harus diperhatikan disini adalah fotonya harus jelas, tidak buram dan tidak ada pantulan cahaya.

Selesai mengunggah foto, maka tugas selanjutnya adalah mengisi nama akun adsense dan alamat rumah. Usahakan nama akun dan nama di KTP harus sama. Setelah semuanya komplit, barulah meng-klik 'KONFIRMASI INFORMASI'.

Bagaimana? Cukup mudahkan. Selanjutnya pihak google akan memberikan konfirmasi apakah verifikasi identitas tersebut diterima atau ditolak.

Media Sosial yang digunakan: