Friday, May 12, 2017

Pulau Randayan : Pulau Eksotis Tujuan Wisata Kalbar

digulis.com

Pulau Randayan adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah barat Pulau Kalimantan atau tepatnya berada di Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat. Pulau dengan daratan yang tidak terlalu luas ini ternyata memiliki keindahan alam yang sangat mempesona dan menarik untuk dikunjungi. Lokasi Pulau Randayan yang masuk kedalam kawasan Pulau Lemukutan Besar menjadikan tempat ini sangat strategis untuk menikmati keindahan gugusan pulau di sekitarnya.

anekawisatanusantara.blogspot.com

Untuk berkunjung ke pulau Randayan anda dapat menaiki transportasi motor air atau perahu klotok melalui dermaga Teluk Suak, Sungai Raya Kepulauan. Jarak dari Kota Pontianak menuju dermaga Teluk Suak yaitu 128 km atau dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam 35 menit. Sedangkan waktu yang dihabiskan untuk menyeberang ke Pulau Randayan kurang lebih 2 jam. Jika anda berkunjung ke Teluk Suak menggunakan kendaraan pribadi, anda tidak perlu cemas terhadap nasib kendaraan anda. Di Teluk Suak telah tersedia jasa penitipan kendaraan baik itu mobil atau pun motor dan pastinya biaya penitipan relatif murah.

Penyeberangan ke Pulau Randayan dan pulau lainnya biasanya dilakukan saat pagi hari. Semakin cepat perahu klotoknya penuh penumpang, semakin cepat pula perahu untuk berangkat. Disaat penyeberangan, air yang semula tadi keruh akibat lumpur dari muara sungai perlahan-lahan menjadi bening ketika menjauhi daratan. Didalam perjalanan anda juga bisa menikmati pemandangan beberapa pulau lainnya seperti Pulau Kabung, Pulau Penata Kecil, Pulau Penata Besar dan Pulau Lemukutan. Sesekali Perahu klotok juga akan singgah di beberapa pulau untuk menurunkan penumpang atau pun barang.

Ketika sampai di Pulau Randayan, anda akan disambut dengan keindahan panorama pulau yang mungil ini. Dari arah ujung steher atau tempat bersandarnya perahu klotok, dapat dilihat secara keseluruhan bentuk pulau Rnadayan. Air yang jernih disekitar pulau membuat ikan dan berbagai biota laut yang lainnya terlihat jelas beraktivitas. Jika ingin menginap atau bermalam, anda dapat menyeawa kamar atau pun villa yang disediakan pihak pengelola.

pikavia.com

Keindahan yang dimiliki tidak hanya sampai disitu. Pulau Randayan ternyata memiliki keindahan bak potongan surga, yaitu berupa pantai yang sangat indah dengan view lautan biru dan gugusan pulau. Pantai di Pulau randayan tidak hanya berupa hamparan pasir putih saja, tetapi juga terdapat pantai dengan hamparan batu karang. Jadi, jika anda bermain-main atau sekedar bersantai di pantai ini pasti sangat mengesankan dan memuaskan. Dibagian belakang pulau yang menghadap ke laut lepas Natuna akan anda jumpai tumpukan-tumpukan batu yang besar. Karena ukuran batu yang besar, membuat lokasi ini sangat pas untuk bersantai sambil menyaksikan indahnya sunset matahari. Eits, pulau ini tidak hanya memiliki pemandangan sunset yang indah, tetapi juga memiliki sunrise yang tidak kalah menariknya dipagi hari.


Setelah berpuas-puas dengan mengelilingi pulau dan bermain-main di pantai, tentunya perlu waktu  beristirahat untuk memulihkan tenaga. Dipulau ini tersedia bale-bale atau pondok bersantai yang disediakan untuk para pengunjung. Sejenak memulihkan tenaga di bale-bale ini memang pilihan tepat. Selain merasakan angin pulau yang menyegarkan, disini juga akan memanjakan mata anda dengan pemandangan gugusan pulau dan birunya laut. Ditemani secangkir kopi atau minuman segar yang lainnya tentu akan membuat suasana santai anda akan terasa lebih berwarna.


bombasticborneo.com

Bagi anda para penikmat surga bawah laut, pastinya tempat ini juga cocok bagi anda. Karena berdekatan dengan Pulau Lemukutan, tentunya sekitar perairan di Pulau Randayan juga memiliki keindahan terumbu karang dan berbagai jenis hewan laut. Untuk berkunjung ke Pulau Randayan, saya sarankan datang pada saat musim yang cerah atau musim panas. Karena jika datang pada saat musim hujan, tentunya anda kurang bebas untuk mengeksplor Pulau Randayan dan biasanya pun gelombang laut menjadi lebih tinggi dari pada biasanya. Selain itu, hindari juga berkunjung pada saat cuaca berkabut.

Media Sosial yang digunakan:


EmoticonEmoticon