Wednesday, May 10, 2017

7 Pulau di Kalbar yang Menarik Untuk Dikunjungi

Siapa bilang Kalimantan Barat hanya terkenal dengan sungai terpanjangnya saja? Kalimantan Barat ternyata juga memiliki pulau dengan keindahan pasir putih dan air yang sangat bening, dan tentunya tidak kalah indah dengan timurnya Indonesia. Berkunjung kepulau disaat liburan adalah pilihan yang tepat untuk melepaskan kepenatan yang diakibatkan oleh kesibukkan. Entah itu sibuk berkerja, sibuk perkuliahan atau sekolah, sibuk mengurus rumah tangga atau mungkin saja ada masalah pribadi yang membuat hidup terasa berat untuk dijalani. 

Hidup jangan terlalu dibawa serius atau hanya melakukan kegiatan itu-itu saja setiap harinya. Sesekali harus diisi dengan kegiatan menyenangkan yang bisa memberikan kesegaran pada pikiran. Bukankah dengan pikiran yang segar dan tenang akan mempermudah kita dalam menyelesaikan pekerjaan atau masalah yang sedang kita jalani. Berikut enam destinasi wisata pulau di Kalbar yang akan menyenangkan liburanmu.

1. Pulau Randayan

Bombasticborneo.com
Pulau Randayan adalah pulau yang terletak di kawasan Desa Pulau Lemukutan, Kabupaten Bengkayang. Pulau Randayan memiliki luas wilayah yang kecil, sehingga sangat memungkinkan untuk dikelilingi. Untuk menuju ke Pulau Randayan kita dapat menyeberangi dengan menggunakan motor klotok melalui dermaga Teluk Suak. Jarak dari arah Kota Pontianak ke Teluk Suak yaitu 128 Km atau dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam 35 menit. Anda tidak perlu khawatir jika berkunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi, karena di Teluk Suak disediakan tempat jasa penitipan kendaraan.

Banyaknya pengunjung yang datang ke Pulau Randayan dikarenakan lokasi pulau yang sangat strategis, sehingga memudahkan para pengunjung untuk menikmati pemandangan gugusan pulau. Selain itu, Pulau Randayan tidak hanya memiliki pantai pasir putih yang lembut, tetapi juga memiliki pantai dengan hamparan batu karang dan hamparan batu yang berukuran besar. Disisi lain, banyak juga para pengunjung yang datang melakukan kegiatan snorkling. Untuk memanjakan para pengunjung, disini juga disediakan bale-bale untuk tempat bersantai menikmati kendahan laut dan gugusa pulau-pulau.

2. Pulau Lemukutan

Pulaulemukutan.com
Sama halnya dengan Pulau Randayan, Pulau lemukutan juga terletak dikawasan Desa Pulau Lemukutan, Kabupaten Bengkayang. Pulau Lemukutan memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pulau-pulau yang ada disekitarnya dan juga dihuni banyak penduduk. Sebagian besar masyarakat yang tinggal disini berprofesi sebagai nelayan dan memanfaatkan lahan untuk berkebun cengkeh. Untuk berkunjung kemari sama seperti halnya dengan mengunjungi Pulau Randayan.

Pulau Lemukutan terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang eksotis. Berbagai macam terumbu karang yang berwarna-warni serta beraneka ragam jenis binatang laut menjadikan tempat ini layak di juluki surganya bawah laut. Disini juga sangat mudah untuk bertemu ikan nemo atau clownfish yang sempat populer di layar kaca. Tidak heran jika banyak para pengunjung yang datang kemari adalah untuk melakukan kegiatan snorkling maupun diving. Selain terkenal dengan wisata bawah lautnya, Pulau lemukutan juga memiliki pantai yang berupa hamparan batu karang. Dibelakang pulau juga terdapat pantai dengan hamparan bebatuan yang besar dan sangat pas sebagai tempat untuk menikmati sunset ketika senja tiba

3. Pulau Kabung

Indo-kaya.com
Pulau Kabung atau yang memiliki julukan sebagai pulau seribu bagan tentunya juga layak untuk anda kunjungi. Mengapa dijuluki sebagai pulau seribu bagan? Hal ini dikarenakan disekitar pulau banyak ditemukan bagan yang memang digunakan masyarakat tersebut dalam menangkap ikan dan cumi. Sudah bisa dibayangkan bagaimana keindahan yang disajikan dengan hamparan bagan dikala senja tiba. Pastinya ini juga menjadi salah satu spot yang menarik di Pulau Kabung.

Pulau yang terletak dikawasan Desa Karimunting, Kabupaten Bengkayang ternyata juga memiliki spot bawah air yang tidak kalah menariknya seperti Pulau Lemukutan. Disni Anda juga akan disuguhkan keindahan terumbu karang dan berbagai jenis hewan-hewan laut. Lokasi pulau ini juga tidak terlalu jauh dari pulau Lemukutan, sehingga dari arah pulau ini kita dapat melihat Pulau Lemukutan dari kejauhan. Selain itu, disekitar perairan Pulau Kabung juga sering terlihat penyu yang sedang berenang dan jika datang pada saat musim bertelur akan terlihat penyu yang naik kedaratan untuk bertelur.

Untuk berkunjung kesini sama halnya seperti mengunjungi Pulau Randayan dan Pulau Lemukutan, yaitu melalui dermaga Teluk Suak dan menaiki motor klotok. Hal yang menjadi unik dari pulau ini adalah anda akan menemukan rumah-rumah tradisional dari suku Bugis yang berbentuk panggung. Sebagian besar masyarakat Pulau kabung berprofesi sebagai nelayan dan berkebun cengkeh.

4. Pulau Temajo

Pasirpantai.com

Pulau Temajo adalah pulau yang terletak di Perairan Kabupaten Mempawah, lebih tepatnya di Kecamatan Sui Kunyit. Pulau Temajo memiliki alam yang masih perawan alias masih memiliki hutan dengan tumbuhan yang lebat. Yang pastinya jika berkunjung kesini suasana akan terasa lebih adem. Untuk berkunjung kesini anda dapat melalui Dermaga Sui Kunyit dan menyeberang dengan menggunakan motor klotok. Waktu tempuh untuk menyeberang kurang lebih 45 menit.

Ketika berkunjung di pulau ini anda akan dimanjakan oleh pantai dengan hamparan pasir putih. tidak hanya itu, kejernihan air disekitar pulau menjadikan tempat ini juga layak untuk diselami. Jika anda beruntung, anda akan melihat lumba-lumba yang sedang asiknya berenang. Pulau ini juga menyajikan keindahan sunset ketika senja tiba.

5. Pulau Selimpai

Pesonakalimantanbarat.16mb.com

Pulau Selimpai terletak di desa Sebubus Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas. Untuk menuju kepulau ini yaitu menggunakan motor klotok dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Ketika sampai disini anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang sangat indah. Hamparan pasir putih dan deretan pohon pinus menjadikan tempat ini tidak kalah menarik dengan yang lainnya. Jika sore tiba, jingganya sinar matahari akan menambah suasana pantai ini lebih menarik. Selain itu, pulau ini juga dihuni oleh penyu. Sehingga jika tiba waktunya untuk bertelur, pada malam hari penyu ini akan naik kedaratan untuk bertelur.

6. Pulau Karimata

Setkab.go.id

Pulau Karimata merupakan salah satu bagian dari gugusan Kepulauan Karimata. Kepulauan Karimata memiliki dua pulau besar yaitu Pulau Karimata dan Pulau Serutu serta sembilan pulau kecil yang lainnya. Pulau yang terletak dikawasan Kabupaten Kayong Utara ini semakin terkenal semenjak diadakannnya pergelaran Sail Selat Karimata. Pulau Karimata menawarkan keindahan bawah lautnya yaitu dengan berbagai jenis terumbu karang dan bermacam-macam jenis binatang yang menghuni dasar lautnya. Tidak hanya keindahan bawah laut saja, Pulau Karimata juga menyajikan panorama keindahan pantai yang tidak kalah menariknya.

7. Pulau Sawi

Wisatapontianak.com

Pulau Sawi terletak di Desa Sungai Tengar dan berjarak 80 km dari pusat Kota Ketapang. Pulau yang dihuni sekitar 20 kepala keluarga ini ternyata memiliki pemandangan yang sangat indah dan tentunya akan memanjakan anda jika berkunjung kesini. Pulau Sawi memiliki pantai yang indah dengan hamparan pasir putih yang halus dan luas. Selain itu, air disekitar pulau ini juga bening sehingga akan membuat anda betah untuk berlama-lama mandi. Ketika pagi hari anda akan disajikan dengan pemandangan sunrise yang memberikan  kehangatn di pagi hari. Begitu pula ketika senja tiba, anda juga akan disuguhkan pemandangan yang indah dari sunset.

Media Sosial yang digunakan:


EmoticonEmoticon