Wednesday, May 24, 2017

Indahnya Pantai Temajuk di Perbatasan Indonesia Malaysia


Bagi masyarakat Sambas, keberadaan Pantai Temajuk tentunya tidak asing lagi. Pantai yang terletak di Desa Temajuk,  Kecamatan Paloh ini memiliki pantai dengan panorama alam yang tidak kalah indah dengan pantai yang lainnya. Lokasi pantai yang berada diperbatasan antara Indonesia dan Malaysia menjadikan tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dua negara tersebut. Tidak heran, jika di daerah wisata ini berlaku dua mata uang negara.

Perjalanan menuju Pantai Temajuk lumayan menantang bagi para pengunjung. Selain dikarenakan jarak yang ditempuh jauh, tetapi juga sebagian kondisi jalan yang rusak dan masih berupa timbunan dari tanah kuning. Ketika hujan, keadaan jalan terasa sangat licin. Dan sebaliknya, ketika musim panas jalanan menjadi berdebu. Jika anda berangkat dari Kota Pontianak, jarak yang ditempuh adalah 315 kilometer dengan waktu perjalanan kurang lebih 10 jam. Sedangkan jika anda berangkat dari Kota Sambas, jarak yang ditempuh adalah 90 kilometer atau dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam. Didalam perjalanan, anda diharuskan untuk menyeberangi sungai sebanyak dua kali menggunakan transportasi air. Penyeberangan pertama adalah melalui sungai Sambas dan penyeberangan kedua adalah melalui Sungai Sumpit. Keindahan alam dari masing-masing sungai yang diseberangi memiliki panorama keunikan tersendiri dan tidak ada salah untuk mengabadikannya melalui jepretan.

Penyeberangan Sungai Sambas

Penyeberangan Sungai Sumpit

Setelah Menyeberangi Sungai Sumpit dan tepatnya berada di Dusun Ciremai, perjalanan untuk sampai ditujuan sudah tidak terlalu lama lagi. Jalan yang sekarang harus dilalui adalah umumnya jalan dari timbunan tanah kuning. Selain jalan tersebut, masyarakat juga banyak melalui jalur  pantai. Namun jalur tersebut hanya bisa dilalui ketika keadaan air laut sedang surut dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

Tugu Garuda

Didalam perjalan menuju Desa Temajuk, Tugu Garuda akan menyambut para pengunjung. Tapi ingat, tugu Garuda akan dijumpai jika anda melalui jalur darat. Keberadaan Tugu Garuda ini memberikan daya tarik tersendiri kepada para pengunjung yang melihatya. Akan sangat rugi jika tidak menyempatkan diri untuk mampir dan mengabadikan foto di tempat ini.

Perjalanan panjang dan melelahkan akan lekas terbayar dengan sajian pemandangan Pantai Temajuk. Pantai yang masih asri dengan hamparan pasir putih dan jernihnya air laut menjadikan tempat ini memang layak untuk dikunjungi. Disisi lain, hamparan batu granit juga menjadi pemandangan yang tidak kalah menariknya. Gugusan batu ini memiliki ukuran yang berbeda-beda dan sangat cocok dijadikan tempat untuk bersantai. Untuk berkunjung kesini disarankan tidak pada saat musim hujan. Selain dikarenakan medan jalan akan terasa sulit tetapi juga kualitas kejernihan air laut akan berkurang. 

Keindahan Camar Bulan dari ujung dermaga

Ketika senja tiba, banyak para pengunjung yang menikmati keindahan terbenamnya sang surya diufuk barat. Terbenamnya matahari, langit yang jingga, hembusan angin sepoi-sepoi dan diiringi suara deburan ombak yang pelan menjadikan akhir sore di pantai ini sangat istimewa. Untuk bermalam disini, anda tidak perlu khawatir karena telah disediakan jasa penginapan oleh masyarakat setempat. Jika anda berkunjung kesini, saya yakin anda tidak akan merasa rugi.

Media Sosial yang digunakan:


EmoticonEmoticon