Tuesday, April 26, 2022

Saprahan di Yoookk Makan di Rumah


Kalau bicara saprahan, pasti kita akan teringat dengan kampung halaman, bukan? Duduk bersama keluarga diatas hamparan tikar pandan sambil mencicipi makanan. Meskipun menunya sederhana, namun dengan racikan tangan Emak semuanya terasa begitu nikmat. Apalagi kalau makannya di pondok ladang.

Jika di Pontianak, kira-kira hal semacam itu apakah bisa ditemukan?


Saprahan di Yoookk Makan di Rumah



Beralamatkan di Jl. Podomoro Gg. Nurcahaya No. 49 kami menyambangi sebuah restoran yang bernama Yoookk Makan di Rumah. Witz, dari pemilihan namanya saja sudah mengundang kita untuk datang atau mampir. Jadi, kalau berada disini anggap saja seperti rumah sendiri dan pesan sampai puas. Tapi osah lupa dibayar, ie...!


Sesuai namanya, konsep dari Yoookk Makan di Rumah adalah rumahan. Untuk areanya dibagi menjadi dua, yaitu outdorr dan indoor. Untuk yang senang duduk dikursi, maka bagian luar adalah pilihan yang tepat. Disini, selain bisa menikmati udara yang lebih segar namun juga bisa berfoto dengan ornamen-ornamen yang klasik.


Sedangkan dibagian dalam lebih ditujukan untuk anda yang senang lesehan. Kelebihan dari area ini kita bisa selonjoran kaki sambil bersandar. Tapi osah besandar di pintu kamar ie, karne biasenye yang punye rumah keluar masok. 


Biar duduk samakin santai, pihak restoran juga telah menyediakan matras duduk untuk setiap meja. Jadi yang punye gejale ambeyen, rematik atau pantat tempos osah risau datang kesini. Nak sambel bareng pon, sile...asal jangan belior! Dari area indoor pun kita bisa melihat bagaimana kesibukan juru masak yang ada di dapur.


Ada banyak menu yang ditawarkan Yoookk Makan di Rumah. Seperti berbagai menu saprahan, menu cobekan, aneka paket satuan, jenis menu ikan dan ayam, hingga menu ikan asin pun banyak pilihan. 


Melihat deretan menu yang betul-betul banyak membuat kami sedikit kewalahan untuk memilih. Maklum, ada banyak kepala dan ini merupakan kedatangan perdana. Esok lusa, mungkin akan lebih cepat memesannya.


Karena dari awal kami sepakat untuk makan saprahan, maka pilihan pun jatuh ke menu saprahan tampah sekaligus menu pendamping lainnya. Seperti hati petir, ceker balado, dan capcai seafood. Untuk minuman yang dipilih ada empon-empon, lemon tea, air serbat, cincau susu dan air mineral. Tidak lupa juga cemilan, pisang keju susu.


Kami pun memencet bel yang ada dipojok meja untuk memanggigil waiter. Tidak lama kemudian waitress datang dan membacakan kembali menu pesanan. "Untuk penyajian saprahan tampah menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam. Apakah bersedia menunggu, Bang? Untuk minuman empon-empon juga tersedia Bang. Mau diganti minuman apa?" Pelayan bertanya kepada kami.


Dengan alasan sudah lapar dikarenakan puasa satu harian, akhirnya kami mengganti menu saprahan dengan waktu yang lebih cepat saji. Yaitu saprahan ayam bakar. Begitu pula minuman yang tidak ada diganti dengan air mangga. Mangga atuh...


Saprahan itu berasal dari bahasa Melayu, yaitu saprah. Saprahan memiliki arti duduk berhampar atau lesehan, entah itu untuk menikmati makanan atau hanya sekedar membicarakan sesuatu. Meskipun saat ini, saprahan lebih diidentik dengan makan bersama diatas lantai.


Bentuk saprahan disetiap daerah tentunya berbeda-beda. Di Sambas dan Singkawang, saprahan dilakukan secara berkelompok yang biasanya terdiri dari enam orang. Sedangkan di Pontianak, Mempawah dan Kubu Raya, saprahan umumnya dilakukan memanjang.


Dari sekian menu, saya akan memberikan gambaran mengenai pihan apa saja yang ada pada menu saprahan di Yoook Makan di Rumah;

  • Saprahan Tradisional (nasi biasa/liwet, ayam goreng, ikan asin, tahu, sayur urap, sambal tempe goreng, kremesan, timun, cabe hijau dan sambal belacan.)
  • Saprahan Ayam Bakar (Nasi, ayam bakar, ikan asin, tahu, sayur urap, sambal tempe goreng, kremesan, timun, cabe hijau dan sambal belacan)
  • Saprahan Periuk (Nasi liwet teri petai, ayam goreng, tahu, tempe, lalapan dan sambal terasi.)
  • Saprahan Tampah (Nasi liwet, ayam panggang 1 ekor, sambal tempe, bakwan, kremesan, timun, ikan asin, sambal hati ampela, sate telur puyuh, sate usus, urap, lalapan dan sambal rebut.)
  • Saprahan Rumah Kite (Nasi, ikan gembong asin, cah kangkung, sambal belacan, kremesan, telur dadar, kerupuk mamang dan lalap timun.)
  • Saprahan Pelangi (Nasi, kerang dara asam manis, udang saos pelangi, kepah dimasak kemangi petir)


Saran buat anda yang ingin meikmati salah satu menu saprahan diatas, alangkah lebih baiknya pesan terlebih dahulu sebelum datang. Agar waktu yang digunakan untuk menunggu tidak terlalu lama. Pemesanan bisa melalui link yang telah disematkan di instagram @yoookkmakandirumah_


Karena posisi meja yang tak jauh dari dapur membuat kami bisa melihat bagaimana kesibukan juru masak meracik makanan. Gemericik bunyi saji yang berbaku hantam dengan kuali diatas perapian sesekali terdengar. Hingga aroma sedap yang membuat perut semakin lapar. Tak lama, menu utama pun masuk dengan beralaskan daun pisang.

Saprahan Ayam Bakar Yoookk Makan di Rumah



Menu Pendamping Yoookk Makan di Rumah



Untuk rasa pastinya tidak akan mengecewakan. Selain perpaduan bumbu dan rasa yang mantap betul, makanan yang disajikan pun masih terasa segar. Saking enaknya, kami malah tambah nasi lagi 3 porsi dan seporsi cah kangkung.


Daftar harga pesanan di Yoook Makan di Rumah:

  • Saprahan Ayam Bakar untuk 4 orang  Rp. 168.000
  • Cap Cai Seafood / porsi Rp. 35.000
  • Hati Petir Rp. 15.000
  • Ceker Balado Rp. 18.000
  • Cah Kangkung Rp. 10.000
  • Air Mangga Rp. 15.000
  • Air Serbat Rp. 8.000
  • Lemon Tea Rp. 8.000
  • Cincau Susu Rp. 10.000
  • Air mineral 600 ml Rp. 
  • Pisang Keju Susu Rp. 7.000
  • Nasi / porsi Rp. 3.500

Jadi, yang ingin menikmati kuliner khas Pontianak sekaligus juga dengan nuansa budayanya silahkan datang ke Yoookk Makan di Rumah. Tabe'...


Baca juga:



Media Sosial yang digunakan:


EmoticonEmoticon