Friday, January 10, 2020

Tempat Tinggal yang Murah Meriah Untuk Mahasiswa

Menjadi mahasiswa tidak hanya mesti pintar dalam akademik saja, tetapi juga harus pintar dalam mengatur keuangan. Kenapa? Yah karena mahasiswa itu pada umumnya memiliki keuangan terbatas, alias masih berharap kiriman dari orang tua.

Nah, berbicara tentang pengeluaran mahasiswa tentunya tidak hanya untuk makan saja, tetapi banyak keperluan lain yang harus dipenuhi. Misalkan biaya tempat tinggal, biaya keperluan kuliah, biaya transportasi, biaya pulsa dan internet, dan biaya untuk keluar malam minggu sama si dia.

Belum lagi biaya fashion dan tak terduga lainnya. Pokoknya kalo ngomongin pengeluaran rasanya tidak ada habis-habisnya. Oleh karena itu, uang pas-pasan dari boss di kampung harus diatur dengan sebaik mungkin.

Dari biaya tersebut ada biaya yang bisa ditekan (pengeluarannya diminimalisir), salah satu contoh adalah tempat tinggal. Tidak hanya mahasiswa, orang yang sudah berkerja tentunya juga akan mencari tempat tinggal yang murah meriah.

Buat Mahasiswa, setidaknya ada beberapa tempat tinggal yang direkomendasikan untuk anda. Tapi ingat, disini tidak membicarakan kostan yang harganya mencapai ratusan ribu untuk perbulan.

 2.Tinggal di Rumah Keluarga

Buat anda yang memiliki keluarga di tanah rantau bersyukurlah, karena setidaknya sudah ada tempat alternatif yang bisa dijadikan tempat tinggal. Apalagi kalau keluarga tersebut adalah saudaramu atau saudara orang tuamu. Pasti mereka akan menawarkan untuk tinggal seatap bersama mereka. Lumayan juga kan uang yang biasanya digunakan untuk bayar kostan bisa ditabung untuk keperluan lain.

Selain biaya tempat tinggal yang gratis, disini makanan sehari-harimu pasti juga akan terjaga. Tapi ingat, meskipun keluarga tidak menuntutmu untuk membayar segala fasilitas yang telah diberikan, setidaknya kamu harus menjadi penghuni yang baik. Entah itu menjaga etika, sering membatu urusan mereka dan sesekali juga mesti belanja makanan. Intinya pandai-pandai anda-lah membuat mereka  nyaman bersama anda.

2. Tinggal di Masjid

A: What? Tinggal di masjid?

B: Iya, tinggal dimasjid.

A: Masjid itu tempat ibadah men, bukan tempat tinggal.

B: Oke, saya akan jelaskan.

Selain sebagai tempat ibadah, masjid dari dulu juga digunakan sebagai tempat bermusyawarah dan berbagi ilmu, serta tempat istirahat bagi orang yang sedang melakukan perjalanan jauh. Jadi, masjid itu memiliki manfaat yang luas, selama demi kepentingan umat.

Nah, berbicara tentang mahasiswa yang tinggal dimasjid itu sudah biasa. Apalagi di kota-kota besar. Bahkan tidak jarang ada petugas masjid yang mencari mahasiswa untuk bersedia tinggal di masjid. 

Selain biaya tempat tinggal yang gratis, tinggal dimasjid juga banyak manfaatnya. Salah satunya adalah semakin mendekatkan anda kepada sang pencipta. Sedangkan salah duanya adalah anda akan mendapatkan biaya hidup dari pengurus masjid. Tapi ingat, disini tidak hanya sekedar tinggal saja, namun anda juga harus menjaga kebersihan masjid.

Oh iya, penulis juga sempat membaca sebuah artikel tentang mahasiswa yang tinggal dimasjid. Dimana kalau beruntung anda akan mendapatkan berbagai fasilitas tambahan, seperti kasur dan lemari pakaian, kamar yang ber-ac, kamar mandi ada didalam, jaringan wifi dan komputer, plus dapat gaji. Wah, kalau itu sih sudah mirip kostan yang harganya satu jutaan. Dan hebatnya lagi, ia bisa menyelesaikan kuliah dengan predikat cumlaud.

3. Tinggal di Asrama

Asrama Tempat Saya Tinggal

Tempat tinggal yang murah meriah untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah asrama. Tentunya teman-teman semua sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut. Asrama mahasiswa merupakan fasilitas yang disediakan untuk sarana tempat tinggal bagi mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan. Asrama mahasiswa ini biasanya disediakan oleh pemerintah daerah atau pun dari unibersitas itu sendiri.

Berbicara tentang asrama, tentunya tidak hanya sekedar bangunan fisik saja. Namun didalamnya juga dilengkapi berbagai fasilitas, selerti tempat tidur, lemari, meja belajar dan kipas angin. Jadi sangat disayangkan jika kita tidak memanfaatkannya.

Untuk biaya gimana? Biaya asrama tentunya sangat terjangakau. Malah bisa sepuluh kali lebih murah dari harga kostan. Pembayaran itu pun biasanya ditujukan untuk kebersihan, seperti membeli pembersih lantai, kantong sampah dan lain-kainnya.

Nah, itulah tempat tinggal murah yang bisa saya rekomendasikan untuk teman-teman. Ketika ada yang lebih terjangkau dan lebih bagus, kenapa masih mau mencari yang lain?

Kira-kira ada tempat tinggal yang murah lagi gak ya buat Mahasiswa?


Media Sosial yang digunakan:


EmoticonEmoticon