Wednesday, February 7, 2018

Pura Di Atas Danau


Mobil melaju kencang di jalan raya. Udara yang semulanya panas perlahan-lahan mulai terasa dingin. Jalan yang dilalui pun sering meliku dan memperlihatkan jurang dipinggiran jalan.

Salah satu alasan kenapa saya ingin mengunjungi Pulau Bali adalah karena ingin berkunjung ke Pura yang legendaris ini. Apalagi kalau bukan Pura Ulun Danu. Sebuah Pura yang gambarnya tersebar disemua pelosok nusantara. Termasuk dikampung saya. Iya, gambar pura yang ada di lembaran uang Rp. 50.000.

Jika anda sedang berliburan ke Bali sebaiknya di list terlebih dahulu mana tempat wisata yang lokasinya jauh, dan mana tempat wisata yang lokasinya dekat. Kalau boleh saya beri saran, untuk jarak yang jauh sebaiknya menyewa mobil sedangkan yang dekat lebih baik menyewa motor saja. Ada beberapa faktor kenapa jarak yang jauh sebaiknya menggunakan mobil, salah satunya adalah biar tidak terlalu capek dan bisa lebih menikmati perjalanan.

Berbicara tentang Pura Ulun Danu, tentunya semuanya pada tahu. Sebuah Pura yang terletak di atas danau. Ada yang mengatakan, penamaan Pura Ulun Danu dikarenakan posisi pura yang berada diatas danau. Namun yang pastinya, Pura ini digunakan sebagai tempat pelaksanaan upacara untuk Dewi Danu (Dewi air, danau atau sungai). Dewi Danu merujuk pada sosok Dewi Parwati, istrinya Dewa Siwa.

Kurang lebih 90 menit perjalanan, akhirnya kami tiba di Pura Ulan Danu. Untuk masuk di wisata ini kami terlebih dahulu harus membeli tiket. Saya lupa berapa tepatnya harga tiket yang harus dibayar. Yang pasti harganya sangat terjangkau alias tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Disekitar halaman parkiran terdapat tempat penjualan oleh-oleh yang layaknya seperti pasar. Berbagai macam cinderamata khas etnik Bali dapat ditemukan disini. Mulai dari kain khas Bali, Pakaian dengan corak Bali, Patung, berbagai sovenir dan lain-lainnya siap untuk menjadi bekal disaat pulang. Untuk harga, kita masih bisa tawar-menawar kepada penjual hingga menemukan titik kesepakatan harga.

Setelah tawar-menawar akhirnya kami mendapatkan harga yang murah. Ini semua tentunya berkat pertolongan teman-teman yang cewek, yang memang punya bakat dalam menawar (calon emak-emak). Adapun yang dibeli adalah kain khas Bali dan udeng yang merupakan tutup kepala untuk lelaki Bali.


Setelah membeli yang diinginkan, kami pun langsung masuk ke area bagian dalam. Baru saja masuk, kami sudah disambut dengan iringan musik khas Bali. Para Pemain musiknya pun sangat bersahaja dengan alam. Contohnya saja rela duduk diatas rumput tanpa dialas sesuatu apapun.

Lokasi Pura Ulun Danu yang berada diketinggian 1.239 m diatas permukaan laut membuat udara disini terasa dingin. Jangan heran, jika disaat siang hari pun area disekitar Pura Ulun Danu kadang berkabut. Seperti di belakang foto kami tampak sebuah bukit yang masih diselimuti kabut.


Keindahan Pura Ulun Danu memang tiada duanya. Disaat air danau lagi pasang, pura ini akan terlihat seperti mengapung diatas air. Belum lagi luasnya danau yang dikelilingi bukit berkabut membuat pemandangan disini terlihat sangat adem. 

Disekitar Pura Ulun Danu juga tersedia jasa foto. Malahan fotonya langsung jadi ditempat. Namun jika anda ada membawa kamera sendiri, tidak ada salahnya minta tolong kepada para pengunjung atau warga setempat untuk memfotokannya. Lumayan, sedikit menghemat uang perjalanan.


Setelah puas menikmati keindahan Pura Ulun Danu, kami lanjutkan untuk menyusuri bagian yang lainnya. Disini kami menemukan hamparan rumput hijau yang luas. Di area ini pun lebih terlihat sepi dibandingkan Pura Ulun Danu. Tempat yang cocok untuk duduk bersantai sambil menikmati keindahan.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Pura Ulun Danu. Seperti memancing, menyusuri jalan dipinggiran danau, hingga mengelilingi danau dengan menggunakan perahu. 

Untuk anda yang umat muslim tidak perlu khawatir akan ketinggalan waktu sholat ketika berkunjung disini. Karena disekitar Pura Ulun Danu juga terdapat masjid yang bernama masjid Al Hidayah atau sering disebut Masjid Candi Kuning. Dari atas masjid ini kita juga bisa melihat bagaimana keindahan Danau Bratan yang luas.

Tunggu apalagi. Ayo berkunjung ke Pura Ulun Danu Bratan.

Media Sosial yang digunakan:


EmoticonEmoticon