Thursday, November 16, 2017

10 Makanan Kabupaten Mempawah yang Enak dan Legendaris

Berbicara tentang kuliner khas Mempawah tentunya tidak akan berbeda jauh dengan kuliner khas Kota Pontianak. Maklum saja, hal ini dikarenakan kedua daerah tersebut masih berada di dalam satu pulau. Apalagi Kabupaten Mempawah juga berbatasan langsung dengan Kota Pontianak.

Tidak hanya dalam hal kuliner saja yang memiliki kesamaan, dalam segi dialek bahasa yang digunakan pun sama. Yang membedakannya hanyalah letak geografis dan nama daerah tersebut saja.

Berikut ini merupakan makanan khas Kabupaten Mempawah harus anda cobai.

1. Pengkang

Sumber gambar: Pontianak.tribunnews.com
Pengkang adalah makanan yang berbahan dasar dari pulut atau beras ketan. Didalam pulut tersebut akan diisi dengan udang ebi. Untuk membungkusnya digunakan daun pisang yang sebelumnya telah dibuat membentuk kerucut.

Setelah pembungkusan tersebut selesai, barulah pengkang tersebut  dijepit menggunakan bambu dan dibakar diatas bara perapian. Dari hasil pembakaran tersebutlah, membuat pengkang terasa harum.

Untuk melengkapi sajian pengkang tersebut tidak lupa pula dilengkapi dengan sambal. Biasanya, pengkang ini disajikan dengan sambal kepah yang membuat rasa pengkang semakin nikmat.

Jika anda ingin mencobanya, saya rekomendasikan untuk datang di rumah makan Pondok Pengkang yang berada di Jalan Peniti Luar. Sebagai info, rumah makan Pondok Pengakang pada tahun 2016 pernah memecahkan rekor sebagai pengkang terbesar dengan ukuran yang mencapai 7 meter dan menghabiskan beras ketan sebanyak 400 Kg.

2. Patlau

Masih dengan bahan dasar yang sama, patlau juga menngunakan beras ketan sebagai bahan dalam pembuatannya dan daun pisang untuk membungkusnya. Berbeda dengan pengkang, bentuk dari patlau ini adalah segitiga panjang dan proses pengolahannya pun dengan cara direbus.
Patlau semakin nikmat jika dimakan bersama sambal udang, opor ayam dan rendang. Makanan patlau biasanya hanya hadir ketika hari raya atau pun diacara pesta pernikahan.

3. Ikan Asam Pedas
Sumber gambar: Selera.com

Merupakan daerah pesisir, Mempawah tentunya kaya akan hasil tangkapan lautnya. Tidak terkecuali ikan. Dari tangan handal juru masaklah, berbagai macam jenis ikan diolah menjadi makanan yang lezat di lidah.
Salah satu olahan ikan di Kabupaten Mempawah adalah menjadi masakan ikan asam pedas. Mendengar dari namanya saja sudah membuat perut terasa lapar, iya kan? Ikan yang digunakan bisanya adalah ikan kakap, ikan bawal dan ikan merah yang kemudian diolah bersama bumbu-bumbu tradisional.

Untuk menikmatinya, anda bisa saja langsung datang ke Rumah Makan Pak Wahab yang berada di desa Kuala. Ikan yang digunakan tentunya sangat segar karena lokasinya yang berada di Kuala Mempawah (lokasi nelayan Mempawah).

4. Pacri Nanas 

Sumber gambar: Pontianak.tribunnews.com

Pacri nanas adalah sebuah makanan yang memiliki bahan dasar dari buah nanas. Jika biasanya buah nanas sering dijadikan rujak, namun kali ini buah nanas dijadakan sebagai lauk untuk menemani nasi.


Buah nanas yang sudah dipotong-potong akan dimasak bersama santan, cabe dan berbagai macam jenis bumbu yang membuat aroma pacri nanas tersebut semakin menggoda. Segarnya buah nanas dan gurihnya racikan bumbu membuat makanan yang satu ini terasa istimewa.

Lauk pacri nanas biasanya selalu hadir disaat acara pernikahan ataupun agenda makan saprahan. Sekarang ini pun, mulai banyak rumah makan yang menyediakan pacri nanas sebagai salah satu menunya.

5. Lemang

Sumber gambar: Resep82.blogspot.com

Lemang merupakan makanan yang berbahan dasar dari beras ketan. Lemang memiliki keunikan tersendiri yaitu dimasak dengan menggunakan wadah dari bambu. Bambu yang digunakan pun bukanlah sembarang bambu. Melainkan bambu dengan ruas yang panjang dan tidak tebal. Sebelumnya bagian dalam bambu tersebut dibersihkan terlebih dahulu baru kemudian dimasukkan daun pisang dengan cara digulung.

Setelah wadah telah siap, barulah beras ketan bersama santan dan bumbu penyedap dimasukkan kedalam bambu tersebut. Hal terakhir yang dilakukan adalah memanggang lemang tersebut diatas perapian. Kadang, lemang tersebut juga dicampur dengan kacang merah.

Tanpa lauk pun, rasa lemang sudah nikmat dilidah. Hal ini dikarenakan adanya campuran santan yang membuat lemang terasa gurih. Namun akan semakin nikmat jika lemang tersebut dimakan bersama sambal udang atau pun sambal kepah.

Kehadiran lemang ini akan mudah kita jumpai ketika memasuki bulan Ramadhan dan hari raya.

6. Bontong

Sumber gambar: @aiyie_ningrum

Sama seperti lemang, bontong juga berbahan dasar dari beras ketan. Bentuknya pun hampir sama yaitu bulat memanjang.


Meskipun memiliki bentuk yang sama, namun ukuran bontong umumnya lebih kecil dari pada lemang. Cara memasaknya pun juga berbeda. Jika lemang yang tadinya dimasak dengan cara dipanggang diatas perapian, maka bontong dimasak dengan cara direbus.

Rasa bontong akan terasa lengkap jika dinikmati dengan masakan opor ayam, sambal udang ataupun sambal kepah. Makanan bontong ini biasanya hanya ada ketika hari raya idul fitri dan idul adha serta disaat Robo'-robo'.

7. Olahan Burung Punai
 
Sumber gambar: Iyakan.com

Burung punai banyak dijumpai di daerah Kabupaten Mempawah. Burung yang mirip dengan merpati ini memiliki paruh berwarna merah dan bulu yang berwarna hijau.

Salah satu tempat yang banyak menjual burung punai untuk diolah berada di Jalan Raya Peniti Luar. Tidak heran jika diruamah makan Pondok Pengkang menjadikan olahan burung punai sebagai salah satu menu ditempatnya.

Burung merpati biasanya diolah dengan cara digoreng ataupun dibakar. Tekstur dagingnya yang lembut dan sedikit manis serta gurih membuat anda akan ketagihan.

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

8. Sambal Kepah 

Sumber gambar: Tripadvisor.com

Kerena letak daerah Kabupaten Mempawah yang berada di pesisir, membuat keberadaan kepah ini sangat mudah untuk dijumpai. Apalagi jika anda melalui Jalan Raya Peniti Luar, disana banyak terdapat kios-kios yang menjajakkan kepah untuk diolah.

Kepah sendiri termasuk sejenis kerang. Oleh karena itu, kepah akan lebih cocok diolah menjadi sambal. Rasanya yang pedas, gurih dan manis membuat sambal kepah ini sangat cocok dinikmati dengan sepiring nasi panas.

Sambal kepah juga sering disajikan dengan makanan pengkang, patlau, bontong dan juga lemang. Di Kabupaten Mempawah, banyak rumah makan yang menyajikan sambal kepah sebagai salah satu menu andalannya.

9. Mi Sagu

Sumber gambar: Pontianak.tribunnews.com
Jika biasanya dalam pembuatan mi menggunakan tepung gandum, maka mi yang satu ini memiliki bahan dasar dari tepung sagu. Memiliki bentuk gepeng yang memanjang dan tekstur yang kenyal membuat mi sagu sangat berbeda dengan mi yang lainnya.

Jika didaerah lain umumnya mengolah mi sagu dalam bentu kering, maka mi sagu yang satu ini justru diolah dengan menambahkan kuah kaldu yang membuat rasanya semakin nikmat.

Dalam pengolahannya, mi sagu juga ditambahkan sayur seperti toge  dan berbagai bumbu yang lainnya.

10. Botok 

Sumber gambar: Pontianakpost.co.id

Makanan yang satu ini merupakan makanan tradisional yang banyak dijumpai di pesisir Kalbar, tidak terkecuali di Kabupaten Mempawah.

Hal yang unik dari makanan ini adalah karena menggunakan daun mengkudu yang terkenal akan khasiatnya bagi kesehatan. Selain daun mengkudu, bahan-bahan yang digunakan sebagai isi botok ini adalah ikan dan parutan kelapa yang telah disangrai serta dihaluskan.

Botok ini dimasak bersama santan dan bermacam-macam rempah. Dalam penyajiannya, botok juga disajikan bersama kuah rebusannya.

Selain memiliki makanan dengan cita rasa yang asin, Kabupaten Mempawah juga banyak memiliki makanan dengan cita rasa yang manis.

Media Sosial yang digunakan:

1 comments so far

informatif sekali blognya bang (y)


EmoticonEmoticon