Wednesday, April 5, 2017

Festival Musik Kelontong, Budaya Mempawah di Bulan Ramadhan

Sumber gambar: Mempawah


Memasuki bulan Ramadhan tentunya disambut dengan sangat gembira oleh seluruh umat Islam di dunia. Tidak terkecuali di Indonesia, kehadiran momen bulan Ramadhan tidak akan dilewatkan begitu saja. Berbagai hal yang menarik dalam rangka menyambut bulan yang penuh berkah tersebut bisa kita jumpai di berbagai daerah dengan keunikannya masing-masing. Bukan hanya hadirnya kuliner yang sangat menggiurkan untuk santapan berbuka puasa, tetapi juga adanya festival yang hanya diselenggerakan saat bulan Ramadhan.


Penampilan peserta

Penampilan peserta

Di Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Mempawah, kehadiran festival kelontong sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat. Agenda yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan ini adalah merupakan perlombaan yang diikuti oleh masing-masing regu sambil mendendangkan alat musik kelontong dan pawai dengan rute yang telah di tentukan. Alat-alat musik kelontong yang digunakan biasanya dari potongan besi, bambu, derijen tempat minyak hingga tong bekas yang dipukul-pukul hingga menghasilkan nada yang seirama. 

Penampilan peserta


Penampilan peserta

gagasan dari festival musik kelontong yaitu adanya kebiasaan masyarakat Kabupaten Mempawah dalam membangunkan umat Islam di saat sahur dengan bunyian dari hasil benda yang dipukul. festifal ini telah dilaksanakan semenjak tahun 2002.

Media Sosial yang digunakan:


EmoticonEmoticon