Sunday, December 12, 2021

Seharian Keliling Mempawah Gak Bakalan Cukup

Tabek... Ada kaki


Mempawah, merupakan salah satu wilayah yang ada di provinsi Kalimantan Barat. Dibandingkan dengan kabupaten lainnya, daerah yang dijuluki Bumi Galaherang ini memiliki wilayah yang lebih kecil. Hal ini dikarenakan Mempawah telah mengalami dua kali pemekaran, yaitu Kabupaten Landak dan Kabupaten Kubu Raya.


Meskipun begitu, mempawah tetap memiliki budaya yang sangat beragam dan menarik. Tak luput pula destinasi wisata alam dan aneka kuliner yang siap menggoyang lidah penikmatnya.


Tidak percaya? Berikut akan saya ceritakan mengenai perjalanan selama sehari di Mempawah. Itu pun di kotanya, belum ke pelosoknya.


Berawal dari acara nikahan teman. Rasanya kurang afdol juga, kalau sudang datang kesini tidak menyempatkan diri untuk mampir ke tempat yang lain. Kate orang Mempawah tu "ngander, sambel nengok anak dare". Yah, minimal singgah ngopi di cafe-cafe yang sekarang sudah menjamur di Kota Mempawah.


1. Pantai Tanjung Burung


Setelah makan dan tak lupak besolok, kami pun langsung bergegas ke Pantai Tanjung Burung. Destinasi wisata yang satu ini  terletak di Kecamatan Mempawah hilir, tepatnya di Kelurahan Tanjung.


Untuk setiap pengunjung, masing-masing akan dikenakan biaya masuk sebesar 3.000 rupiah. Sedangkan kendaran bermotor akan dikenakan biaya parkir 1.000 rupiah dan mobil 2.000 rupiah. dijamin, anda tidak bakalan merogoh kocek yang dalam.



Pantai Tanjung Burung ini bisa dikatakan sebagai adiknya Pantai Kijing (Iya, saya tahu kalau tempat tersebut sudah almarhum). Buat kamu yang biasanya ke pantai suka sekalian nyebur, saya rasa tempat ini bukanlah pilihan. Hal ini dikarenakan kondisi bibir pantainya yang lebih ke lumpur. Bahkan disaat saya datang, sebagian wilayahnya ada yang sudah abrasi parah.


Lalu ngapain saja ke Pantai Tanjung Burung? Yang pastinya duduk-duduk santai sambil menikmati panorama lautan dan matahari terbenam. Lalu cuci-cuci mata pakai air asin, biar radiasi gedget dimata hilang. Hehe...


Selain itu, kita juga bisa jalan-jalan diatas jembatan yang sangat menguji adrenali. Salah langkah, bisa langsung kedunia lain. Sebelumnya jembatan tersebut bagus, namun dikarenakan serangan negara air membuat separuhnya roboh. Semoga segera ada perbaikan.


2. Masjid Agung Al-Falah


Berhubung sudah memasuki waktu maghrib, kami pun langsung bergegas ke Masjid Agung Al-Falah Mempawah (padahal pantainya sudah tutup). Ada banyak masjid yang dilewati, namun karena nawaitu ingin ibadahnya disini, akhirnya harus diturutin. Alhasil, kami ketinggalan sholat. Astagfirullah...


Sumber: @hery.asik


Masjid Agung Al-Falah terletak di Jalan Raden Kusno dan masih masuk kedalam wilayah Kecamatan Mempawah Hilir. Dari Pantai Burung untuk sampai kesini membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. Masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Mempawah ini baru diresmikan beberapa minggu yang lalu, tepatnya pada tanggal 26 November 2021. 


Karena keindahannya, banyak masyarakat yang menyempatkan diri untuk berfoto ria. Apalagi disaat malam hari, Masjid Agung Alfalah Mempawah tampak begitu elok dengan dengan air mancur warna-warni.


3. Nasi Goreng Meletop Mempawah


Setelah kebutuhan rohani terpenuhi, rasanya kurang adil kalau kebutuhan jasmani tidak dipenuhi. Nah, kalau tentang kampung tengah tentunya Kabupaten Mempawah tidak akan kalah dengan daerah yang lain. Ada banyak spot kuliner yang bertebaran disetiap penjuru jalannya.


Sumber: @nasigorengmeletop


Salah satunya adalah nasi goreng meletop. Mendengar namanya saja sudah bikin  ngiler. Daeng tidak bisa bayangin pada saat suapan pertama nasing gorengnya meletop (meletup) didalam mulut. Wokwokwok...


Entah kenapa dinamakan demikian. Namun menurut penuturan teman, itu dikarenalan adanya potongan-potongan cabe rawit yang siap membuat anda kepedasan. Tapi tenang saja, bagi anda yang gak suka pedas bisa pesan tanpa cabe. Level pedasnya tergantung selera.


Untuk anda yang ingin mencobanya silahkan datang ke Jalan Gusti M. Taufik, Kelurahan Terusan Kecamatan Mempawah Hilir. Tepatnya berada didepan wisma Chandramidi atau eks kantor DPRD. Saya yakin, anda pasti akan ketagihan.


4. Rumah Makan & Cafe K-Tamb


Karena malam semakin larut, saatnya untuk mencari tempat nongkrong. Ada banyak pilihan untuk bersantai di Kota Mempawah, salah satunya adalah Rumah Makan & Cafe K-Tamb. Tidak hanya menyajikan makanan berat, disini juga menyediakan berbagai makanan ringan dan aneka minuman.


Sumber: @wktamb179


Untuk lokasinya masih satu deretan dengan Nasi Goreng Meletop mempawah.  Disini, untuk area nongkrongnya ada yang indoor dan outdoor. Jadi tinggal dipilih saja sesuai kesukaanmu. Tapi kalau anda datang saat malam, saya saranin untuk yg diluar saja. Supaya apa? Supaya suasana ngumpulnya itu lebih berasa dan jarak pandang pun tidak tersekat oleh dinding. 


Untuk anda yang masih bingung mau pesan apa, saya saranin untuk mencoba dulu kopi susu gula aren dan pisang goreng crispy yang rasa tiramisu. Tapi coba saja dilihat list menunya. O iya, kata teman disini biasanya juga ada life music.


Nah, itulah tempat-tempat menarik di Mempawah yang berhasil kami kunjungi hari ini. Satu hari berada disini rasanya kurang cukup, karena masih banyak tempat menarik lainnya yang belum didatangi. Untuk tulisan disini pun saya buat sesingkat mungkin dan akan saya tulis ulang secara rinci diartikel lain. Semoga saja bisa rajin nulisnya. Tabek...


Media Sosial yang digunakan:

1 comments so far

Menarik, Saya jadi ingin mengunjungi Mempawah.


EmoticonEmoticon