Saturday, May 7, 2022

Bakti Ramadhan di Dusun Pak Nungkat Desa Sekabuk

Ada banyak cara untuk saling berbagi. Jika tidak mampu dengan uang dan barang, maka sumbangkanlah tenaga untuk meringankan beban orang lain. Jika dengan tenaga pun masih tidak bisa, mungkin dengan kata-kata yang baik juga bisa memberikan manfaat bagi mereka. Lebih mantap lagi jika ketiga-tiganya bisa dilakukan.


Malam Penutupan Bakti Ramadan di Dusun Pak Nungkat


Suara tawa memenuhi langit masjid ketika sekelompok anak-anak pria menampilkan tarian. Didominasi pakaian berwarna hijau dan biru, tanjak merah yang terpasang dikepala serta kain yang terikat dipinggang, mereka menari mengikuti alunan lagu. Meskipun gerakannya kurang kompak, tetapi mampu mencuri perhatian kami. Yah namanya juga masih bocah, penuh dengan kepolosan dan selalu mengundang tawa.

Masjid Nurul Yakin, Dusun Pak Nungkat Desa Sekabuk Kecamatan Sadaniang adalah pilihan kami untuk mengadakan kegiatan Bakti Ramadhan yang ke XIX. Kegiatan bakti sosial dibulan yang penuh berkah ini dipelopori oleh Asrama Mahasiswa Kabupaten Mempawah. Agenda rutin yang selalu dilaksanakan setiap tahun ini sempat terhenti selama dua tahun dikarenakan wabah covid yang sedang melanda. Alhamdulillah, untuk tahun ini bisa diadakan lagi.

Tidak hanya persembahan tarian para bocah yang jenaka, malam penutupan Bakti Ramadhan AMKM yang ke XIX ini juga dimeriahkan oleh penampilan anak-anak putri yang juga tidak kalah menarik. Diiringi musik arabian, mereka menari mengikuti alunan lagu.


Adanya Bakti Ramadhan ini diharapkan mampu menjadi ajang silaturrahmi terhadap masyarakat muslim yang ada di Kabupaten Mempawah. Terlebih, mungkin masih banyak saudara kita yang membutuhkan bantuan dalam menegakkan syiar agama Islam di daerah-daerah. Apalagi Masjid Nurul Yaqin adalah satu-satunya masjid yang ada di Kecamatan Sadaniang Kabupaten Mempawah. 


Tidak hanya penampilan anak-anak, malam penutupan Bakti Ramadhan AMKM yang ke XIX juga diisi dengan acara pembagian hadiah dan kata sambutan oleh tokoh masyarakat setempat yang akan melepas kepergian kami. Sebenarnya masih ingin lama mengadakan kegitan disini, namun dikarenakan kawan-kawan lainnya masih sibuk dengan kuliah mengharuskan untuk segera pulang ke Pontianak.


Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama Bakti Ramadhan di Dusun Pak Nungkat Desa Sekabuk adalah tabligh akbar dan perlombaan untuk anak-anak. Seperti lomba wudhu, lomba adzan, lomba mewarnai kaligrafi dan yang lain-lainnya. Untuk ibu-ibunya juga diadakan pelatihan membuat kue lapis. Tidak hanya itu, kita juga mengadakan bakti sosial lainnya. Seperti pembagian sembako, pakaian layak pakai, mengecat masjid, membersihkan pemakaman dan yang lainnya.


Terimakasih kami ucapkan kepada masyarakat Desa Sekabuk, khususnya Dusun Pak Nungkat yang telah menyambut kedatangan kami dengan ramah tamah. Mengikuti kegiatan kami dengan antusias, memberikan kami ilmu dan pengalaman, serta menjamu kami saat sahur hari terakhir. Semoga lain waktu bisa bertemu kembali.

Media Sosial yang digunakan:
This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon