Sunday, May 12, 2019

6 Kue Tradisional Kota Pontianak yang Direkomendasikan Untuk Berbuka Puasa

Tags

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh umat Islam. Pada bulan ini umat Islam diseluruh dunia berlomba-lomba untuk memperbanyak amal ibadahnya. Baik itu dengan meningkatkan kualitas sholatnya, membaca Al-Quran atau memperbanyak sedekah.

Nah, ketika masuk bulan ramadhan tentunya selalu diidentik dengan hadirnya pasar juadah yang menjual beragam jenis kue. Baik itu kue yang tradisional maupun yang kebarat-baratan.

Berhubung sekarang dalam suasana ramadhan, maka dari itu penulis akan merekomendasikan 6 makanan tradisional Kota Pontianak yang sangat cocok untuk berbuka puasa. Dan pastinya kue berikut ini tidak akan lekang oleh waktu, meskipun semakin banyak kue dari luar negeri yang masuk.

1. Bingke


Sumber: Nakarasida.com


Yang pertama adalah kue bingke. Jangan ngaku orang Pontianak asli kalo belom pernah makan kue bingke. Kue tradisional Pontianak yang satu ini memiliki bentuk seperti bunga dengan cita rasa yang manis dan gurih. Tapi jangan pula langsung ngebayangkan Bunga Citra Lestari ie.

Selain itu, tekstur kue bingke juga sangat lembut sehingga sangat cocok sebagai sajian disaat berbuka puasa. Saking terkenalnya, kue yang nikmat satu ini menjadi sebuah produk oleh-oleh khas Kalbar yang sangat digemari.

Kue bingke memiliki berbagai varian rasa. Seperti bingke original, bingke berendam, bingke keju, bingke kentang, bingke ubi rambat, bingke coklat, bingke jagung, bingke asin dan masih banyak lagi kreasi rasa baru yang lainnya. Tinggal dipileh yak yang mane cocok dengan lior kawan-kawan.

Baca juga: Tradisi Ngantar-Ngantar di Bulan Ramadhan

2. Jorong-Jorong


Sumber: Pengkangpontianak.blogspot.co.id

Kue khas Pontianak yang satu ini memiliki bentuk yang unik dan lucu, yakni menyerupai sampan atau perahu (Tapi jangan pulak nak cobe-cobe simpan diatas aek, pasti langsung tenggelam lah die). 

Meskipun kue jorong-jorong terlihat sedikit aneh, namun kue yang satu ini memiliki aroma yang wangi dan rasa yang nikmat. Aroma wangi tersebut berasal dari daun pandan yang digunakan sebagai wadah dalam pembuatan kue.

Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis nikmat, membuat kue yang satu ini layak sebagai menu berbuka puasa. Sekali coba, pasti anda kepingin lagi

3. Putu Mayang


Sumber: Eresep.com

Bukan, bukan...! Ini bukan mie goreng rasa baru, dengan taburan kelapa parut diatasnya. Tapi ini kue tradisional punye kite lah, Pontianak.

Untuk masyarakat Pontianak tentunya tidak asing lagi dengan kue yang satu ini. Memiliki bentuk yang seperti mie dan tekstur yang sedikit kenyal. Serta ada topping-nya dari keju asli Pontianak (parotan kelapa')

Rasa manis dari gula kelapa dan gurihnya parutan kelapa membuat kue yang satu ini benar-benar terasa nikmat. Apalagi saat mencicipinya ditemani segelas kopi atau teh hangat. Pastinya mantul, mantap betul.

Tapi saye rase jaranglah orang Pontianak buka puase dengan aek hangat, kalo aek es baru ie. Kecuali kalo pas musem ujan.

Baca Juga: Makan Tambol, Acara Syukuran Masyarakat Kabupaten Mempawah

4. Madu Kandis



Kalo udah masok bulan puase, pasti banyak bececeran kue madu kandes di pasar juadah. Kue yang jike dihari-hari biase agak susah nak carinye.

Kue tradisional madu kandis sangat mudah dijumpai ketika bulan Ramadahan. Kue yang satu ini jika sekilas memang tampak seperti kue lapis-lapis pada umumnya. Namun sebenarnya kedua kue tersebut berbeda.

Meskipun namanya 'madu kandis', namun bukan berarti komposisinya menggunakan madu. Tetapi karena rasanya yang manislah membuat penamaannya demikian.

Kue madu kandis kemiliki dua lapisan. Dimana lapisan bagian bawah berupa adonanan dari tepung kacang hijau. Sedangkan bagian atas yang teksturnya sangat lembut berupa adonan dari tepung terigu, gula dan telur.

Rasa manis yang legit bercampur dengan rasa khas kacang hijau membuat kue yang satu ini sangat direkomendasikan untuk berbuka puasa.

5. Kelepon

Sumber: Liputan6.com

Semua orang pastinya tau kue yang satu ini. Tidak hanya di Kota Pontianak, ditempat-tempat yang lain juga memilikinya.

Kue kelepon memiliki bentuk yang bulat, mirip seperti bola pimpong. Didalamnya terdapat gula merah yang akan lumer ketika digigit. Diluarnya ada parutan kelapa yang membuat rasa kue terass gurih. Kue ini akan semakin nikmat ketika disajikan bersama teh atau kopi hangat.

Baca Juga: Festival Musik Kelontong, Budaya Mempawah di Bulan Ramadhan

6. Tumpor



Tidak hanya dengan rasa yang manis, Kota Pontianak juga memiliki kue dengan cita rasa yang asin. Dan pastinya juga cocok untuk menu berbuka puasa.

Masyarakat Pontianak menyebut kue yang satu ini dengan nama 'tumpor'. Kadang ada juga yang menyebutnya kue 'lumpor' dikarenakan saus kacangnya yang menyerupai lumpur.

Kue tumpor berbahan dasar dari tepung beras. Diatasnya ada lumuran saus kacang yang telah diracik dengan berbagai rempah pilihan. Tidak lupa juga ada taburan udang ebi dan daun seledri yang membuat rasanya semakin nikmat.

Itulah 6 rekomendasi kue tradisional Kota Pontianak untuk berbuka puasa. Tinggal dipileh yak, mane yang sesuai dengan selere kawan-kawan. Selamat menunaikan ibadah puasa...

Baca juga: 30 Macam Kue Tradisional Kota Pontianak, Manakah Favoritmu?

Media Sosial yang digunakan:
This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon