Tuesday, March 26, 2019

Wisata Klenteng Kong Khew Pak Kung


Salah satu tempat menarik yang ada di Kabupaten Mempawah adalah Sui pinyuh. Bagaimana tidak? Daerah ini dihuni oleh beragam etnis bangsa yang menjadikannya kaya akan budaya dan adat istiadat. Setidaknya ada empat etnis besar yang mendiaminya, seperti Melayu, Tionghoa, Dayak dan Madura. 

Namun perbedaan ini bukanlah suatu ancaman atau masalah, melainkan sebuah energi yang menjadikan Sui Pinyuh semakin maju dan berkembang. Perdagangan dan perputaran uang pun semakin besar.  Tidak heran jika banyak yang menjulukinya sebagai segitiga ekonomi Kabupaten Mempawah.

Tidak hanya sebagai pusat ekonomi, Sungai Pinyuh juga memiliki destinasi wisata yang menarik untuk para pengunjung datangi. Salah satunya adalah wisata religi Kong Khew Pak Kung. Sebuah klenteng tempat beribadah bagi umat Konghuchu.

Akses menuju Klenteng Kong Khew Pak Kung tentunya tidak sulit. Tidak perlu mendaki gunung apalagi harus menyeberangi lautan. Jika anda dari Kota pontianak, maka jarak yang ditempuh 57 km atau waktu tempuh kurang lebih 1 jam 28 menit. 

Lokasi Klenteng Kong Khew Pak Kung berada sebelum pusat pasar Sui Pinyuh, tepatnya di sekitar Jalan Ahmad Yani (arah dari Kota Pontianak). Untuk memudahkan  para pengunjung, dipinggiran jalan sebelah kiri ada sebuah plang atau papan nama berwarna kuning. Setelah sampai disini, maka kita akan memasuki jalan sekunder sepanjang 1,5 km.

Berada di muara sungai, menjadikan klenteng yang satu ini sangat menarik untuk dikunjungi. Dikelilingi pohon mangrove yang lebat seolah-olah tempat ini berada ditengah hutan. Namun disisi lain, lautan lepas juga menjadi komposisi pemandangan disekitarnya.

Pengunjung yang datang kesini tidak hanya untuk beribadah, melainkan ada juga yang hanya sekedar bersantai-santai. Tidak hanya dari umat Konghucu saja, namun dari umat lain juga ada. Mereka datang kesini untuk melepaskan penat, duduk dibawah pohon sambil menikmati angin sepoi-sepoi laut.

Tidak hanya itu, lalu lalang kapal nelayan juga menjadi pemandangan yang menarik ketika berada disini. Untuk menyaksikannya, sebaiknya datang diatas jam 12 siang. Karena pada saat itulah nelayan pulang dari melaut.

Bagi anda yang hobi memancing, lokasi ini juga cocok untuk melakukan hal tersebut. Anda pun tak perlu khawatir jika harus berjemur atau berdiri terlalu lama, karena dipinggiran sungainya ada pohon-pohon besar yang juga dilengkapi kursi santai.

Bagaimana? Tertarik untuk datang di Klenteng Kong Khew Pak Kung Sungai Pinyuh?

O iya, disini tidak ada warung. Jadi harap membawa minuman dan snack sendiri. Dan jangan lupa kebersihannya harus tetap dijaga.

Media Sosial yang digunakan:
This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon