Thursday, October 25, 2018

30 Macam Kue Tradisional Kota Pontianak, Manakah Favoritmu?

Indonesia memang merupakan negara yang kaya akan berbagai hal. Entah itu keindahan alamnya, ragam budayanya hingga berbagai macam kulinernya. Oleh karena itulah jangan heran, jika Indonesia merupakan salah satu tujuan wisata yang ada didunia.

Berbicara tentang makanan Indonesia, tentunya setiap daerah di Indonesia memiliki makanan dengan ciri khas masing-masing. Semua tergantung dengan ragam budaya yang berkembang didaerah tersebut. Namun tidak sedikit pula antara daerah yang satu dengan daerah yang lain memiliki kesamaan dalam hal kuliner. Dalam kesempatan kali ini, saya akan mengajak para sahabat untuk mengenal ragam jenis kue tradisional pesisir Kalimantan Barat khusunya di Kota Pontianak.

Berikut 30 macam kue tradisional Kota Pontianak yang akan menggiurkan para sahabat:

1. Jorong-jorong
Jorong-Jorong
(Sumber: Pengkangpontianak.blogspot.co.id)
Kue khas Kalimantan Barat yang satu ini memiliki bentuk yang sangat unik. Yaitu menyerupai sampan atau perahu. Wadah yang digunakan tersebut berasal dari daun pandan sehingga sangat aman untuk digunakan. Penggunaan daun pandan tersebut mengakibatkan aroma kue jorong-jorong terasa sangat wangi.

Bahan utama kue jorong-jorong adalah tepung beras yang dicampur dengan santan. Tekstur kue ini sangat lembut dan terasa manis. Pada bulan Ramadhan, kehadiran kue jorong-jorong sangat mudah untuk dijumpai.

2. Bingke
Bingke
(Sumber: Nakarasido.com)
Salah satu kue tradisional Pontianak yang sangat terkenal adalah kue bingke. Kue bingke memiliki cita rasa yang manis dan gurih serta tekstur yang lembut. Kue yang berbentuk bunga ini terbuat dari tepung terigu, telur,susu dan santan yang kemudian dimatangkan di dalam oven.

Kue bingke memiliki banyak variasi rasa. Seperti bingke original, bingke berendam, beingke durian, bingke keju, bingke umbi rambat, bingke coklat, bingke kentang dan bingke jagung. Terdapat pula bingke asin yang terbuat dari rempah-rempah pilihan dan potongan daging.

3. Rotikap
Rotikap
(Sumber: Instarix.com)
Kue yang satu ini juga memiliki cita rasa yang manis. Selain memiliki bentuk yang seperti daun, kue rotikap juga sering ditemui dalam bentuk bulat pipih.

4. Madu Kandis
Madu Kandis
Kue madu kandis paling mudah dijumpai ketika bulan Ramadhan tiba. Rasanya yang manis memang sangat cocok sebagai menu pembuka puasa. Kue ini terdiri dari dua lapisan. Lapisan paling bawah merupakan adonan dari tepung kacang hijau dan bagian atas merupakan adonan dari tepung terigu, telur dan gula.

5. Roti Panggang
Roti Panggang
Kue roti panggang berbahan dasar dari tepung beras. Kue yang satu ini memiliki tekstur yang renyah dibagian luar dan halus dibagian dalam. Sehingga, ketika digigit akan langsung pecah dimulut. Kue ini sangat jarang ditemukan beredar dipasaran, namun selalu hadir diacara Khatamul Qur'an dan hari besar lainnya.

6. Putu Mayang
Putu Mayang
(Sumber: Eresep.com)
Ayo, siapa yang tidak kenal kue yang satu ini. Memiliki bentuk yang seperti mie dan tekstur yang sedikit kenyal. Diatasnya ada tambahan parutan kelapa yang membuat rasanya manis dan gurih.

7. Trisalak
Trisalak
(Sumber: Wolipop.detik.com)
Kue trisalak hampir mirip dengan kue madu kandis. Cuma yang membedakannya adalah pada lapisan bagian bawah. Pada lapisan dasar kue trisalak menggunakan beras ketan yang sebelumnya telah dimasak terlebih dahulu.


8. Kacemate
Kacemate
Kue yang satu ini memiliki bahan dasar dari singkong dan buah pisang. Sebelumnya singkong terlebih dahulu dihaluskan baru kemudian diisi dengan buah pisang. Tidak lupa adanya parutan kelapa yang membuat kue ini semakin nikmat. Tapi sayang, kue yang satu ini agak sedikit sulit untuk ditemukan.


9. Kelepon
Kelepon
Kue dengan bentuk yang bulat ini tentunya tidak asing lagi bagi kita. Bahkan dari Sabang hingga Merauke mengenalnya. Gula kelapa yang manis dan gurihnya parutan kelapa membuat makanan yang satu ini sangat nikmat.

10. Batang Burok
Batang Burok
Kue batang burok sebenarnya sama dengan kue dadar gulung. Didalamnya terdapat isi berupa parutan kelapa yang telah diolah bersama gula merah. Yang membedakannya hanya dari segi bentuk. Kue batang burok memiliki ukuran yang lebih panjang.


11. Blodar
Blodar
(Sumber: Cookpad.com)
Kue blodar memiliki bentuk yang hampir sama dengan kue bolu. Namun pada kue blodar tidak menggunakan telur sehingga teksturnya terasa lebih sedikit kasar.

12. Sempret
Sempret
(Sumber: Tokopedia.com)
Kue sempret biasanya selalu hadir dalam acara Khatamul Qur'an dan pernikahan. Rasanya yang manis dan tekstur yang terasa berpasir membuat kue yang satu ini sangat cocok ditemani secangkir kopi.

13. Korket
Korket
(Sumber: Kedaimaminblog.wordpress.com)
Jika dari Tadi penulis selalu membahas kue yang manis, maka kali ini adalah kue yang bercita rasa asin. Pada umumnya kue korket memiliki isi dari ubi atau singkong. Namun tidak sedikit pula banyak yang menginovasinya dengan isi kentang dan yang lainnya.

14. Pengkang
Pengkang
(Sumber: Pontianak.tribunnews.com)
Kue yang satu ini juga memiliki citarasa yang asin. Pengkang yang berbahan dasar beras ketan ini dibungkus menggunakan daun pisang dan dijepit menggunakan bambu, baru kemudian dibakar diatas perapian. Didalam pengkang ini sebelumnya juga diisi dengan udang ebi. Pengkang ini akan semakin nikmat jika dicocol dengan sambal kepah.

15. Tapai Menaon
Tapai Menaon
(Sumber: Inforesepmasakansederhana.com)
Tapai menaon terbuat dari beras ketan hitam dengan cara difermentasi. Tapai menaon memiliki sedikit kuah dan citarasa yang manis.

16. Gule Gentar
Gule Gentar
Kue gule gentar berbahan dasar dari kelapa dan gula. Kue ini memiliki citarasa yang sangat manis. Oleh karena itulah sangat cocok jika mencicipnya dengan segelas kopi yang pahit.

17. Doko'-Doko'
Doko'-Doko'
Kue yang berbungkus daun pisang ini berbahan dasar dari tepung beras ketan. Didalamnya terdapat isi dari parutan kelapa yang telah diolah bersama gula merah.

18. Apam Made'
Apam Made'
(Sumber: Youtube)
Kue apam made ini terbuat dari tepung terigu dan memiliki tekstur yang berongga. Rasanya yang manis dan gurih membuat kue ini terasa nikmat. Untuk menemukannya pun tidak susah. Karena banyak beredar dipasar tradisional Kota Pontianak.

19. Gamat
Gamat
Ini dia si hitam manis. Meskipun hitam tetapi banyak orang yang suka. Kue gamat ini terbuat dari beras ketan hitam dan kadang juga dicampur kelapa dalam adonannya. Diluarnya berbalut lelehan gula pasir yang membuat citarasa kue ini manis.

20. Kembang Goyang
Kembang Goyang
(Sumber: Youtube.com)
Kue ini memiliki bentuk seperti bunga, karena itulah dinamakan kembang goyang. Kue ini memiliki rasa yang manis dan sangat renyah ketika digigit. Jadi sangat cocok untuk dinikmati ketika bersantai.

21. Nagesari
Nagesari
(Sumber: Kreasizhafif.blogspot.co.id)
Kota Pontianak dan sekitarnya sangat mudah untuk menemukan buah pisang. Oleh karena itulah, beberapa kue dari Kota Khatulistiwa ini tidak terlepas dari buah pisang. Sebut saja nagesari. Kue yang berbahan dasar dari tepung beras dan pisang ini memiliki citarasa yang manis.

22. Geto'
Geto'
(Sumber: Resepharian.com)
Kue yang berbahan dasar ubi ini juga banyak dijumpai didaerah lain. Kue getok ini memiliki rasa yang manis dan gurih dari parutan kelapa.

23. Cengkarok
Cengkarok
Kue cengkarok memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang berpasir.

24. Tumpor
Tumpor
Kue tempor berbahan dasar dari tepung beras. Diatasnya dilumuri saos kacang yang telah dicampur dengan berbagai rempah pilihan. Tidak ketinggalan juga udang ebi dan daun seledri yang membuat kue ini semakin nikmat.

25. Chai Kwe


Chai Kwe
(Sumber: Cookpad.com)
Chai kwe merupakan salah satu kuliner Tionghoa yang menjadi  makanan khas Kota Pontianak. Kulit dari makanan ini terbuat dari tepung beras dan maizena yang membuat teksturnya sedikit kenyal. Untuk isi dalamnya bervariasi. Ada yang bengkuang, ayam, daging, udang, dan yang lainnya. Chai kwe sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu yang dikukus, digoreng atau yang dibakar. Selain itu, diatasnya juga ditaburi bawang goreng.

26. Lempok Durian
Lempok Durian
Seperti namanya, kue yang satu ini berbahan dasar dari buah durian. Lempok durian ini memiliki tekstur yang mirip dodol pada umumnya. Rasanya yang manis dengan ciri khas buah durian membuat kue yang satu ini benar-benar terasa nikmat.

27. Wajik
Wajik

Kue wajik berbahan dasar dari beras ketan dan gula merah sebagai pemanisnya. Kue ini benar-benar memiliki rasa yang legit.

28. Apam Kusoi
Apam Kusoi
Siapa yang tidak kenal kue yang satu ini. Kue yang berbahan dari tepung beras ini terdiri dari dua jenis, yaitu yang menggunakan gula merah dan yang menggunakan gula pasir. Apam ini diproses dengan cara dikukus. Apam kusoi ini memiliki topping berupa parutan kelapa yang membuatnya terasa gurih.

29. Pisang Goreng Srikaye
Pisang Goreng Srikaye
(Sumber: Cumibunting.com)
Pisang goreng sangat mudah untuk kita jumpai di Indonesia. Namun pisang goreng di Kota Pontianak sedikit berbeda, ada campuran srikaya yang membuat rasanya semakin nikmat.

30. Gelang-Gelang
Gelang-Gelang
Kue ini memiliki bentuk yang sama seperti donat. Namun pada kue gelang-gelang hanya menggunakan gula pasir sebagai balutannya.

Sebenarnya masih banyak lagi kue tradisional Kota Pontianak yang belum disebutkan disini. Kira-kira dari 30 jenis tersebut, mana yang merupakan kue favorit anda?

Media Sosial yang digunakan:


EmoticonEmoticon