Friday, August 4, 2017

Berlibur Sekaligus Belajar di Aloevera Center Pontianak

Penyerahan plakat dari pihak Asrama Mahasiswa Kabupaten Mempawah


Mengunjungi wisata alam dan wahana hiburan lainnya dengan tujuan untuk bersenang-senang adalah hal yang sudah biasa. Namun akan menjadi luar biasa apabila tempat yang kita kunjungi bisa memberikan pembelajaran disaat mendatanginya. Salah satunya tempat yang memiliki kriteria seperti hal tersebut adalah Aloevera Center Pontianak. Kegiatan kunjungan yang dilakukan oleh Asrama Mahasiswa Kabupaten Mempawah ini adalah agenda dari bidang keilmuan untuk lebih mengenal tentang keberadaan Aloevera Center di Pontianak.

Aloevera Center Pontianak terletak di Jalan Budi Utomo, Kecamatan Pontianak Utara. Jika anda berkunjung dari arah pusat Kota Pontianak, jarak yang ditempuh adalah kurang lebih 7,2 Km atau dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit. Itu pun jika keadaan arus lalu lintas dalam keadaan lengang. Jadi disarankan, jika ingin berkunjung sebaiknya dilakukan setelah jam macet (diatas waktu karyawan berangkat kerja dan anak-anak ke sekolah). Didalam perjalanan ketika anda memasuki jalan Budi Utomo, anda akan melihat tokoh-tokoh di emperan jalan yang banyak menjual lidah buaya dalam bentuk pelepah. Pantasan saja buaya-buaya di sungai sudah tidak memiliki lidah, ternyata di perjual-belikan disini (Hehehe. Sekedar gurauan).
Penayangan video dari pihak Aloevera Center Pontianak

Akhirnya kami sampai di tempat tujuan. Kedatangan kunjungan kami disambut dengan hangat oleh pihak Aloevera Center Pontianak. Dari pihak Aloevera center pun mempersilahkan kami masuk dan duduk ditempat yang telah disediakan. Sebagai awal kegiatan kami ditayangkan seputar tentang Aloevera Center yang meliputi pengenalan jenis aloevera, awal keberadaan Aloevera Center dan produk olahan yang telah dikembangkan. Dari video tersebut juga terlihat jelas, bahwa Pemerintah Kota Pontianak sangat mendukung terhadap keberadaan tempat ini. Selanjutnya kami diberikan kesempatan untuk bertanya terhadap hal yang berkaitan dengan Aloevera Center.
Tahukah anda, aloevera atau yang biasa disebut lidah buaya ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Mulai dari minuman, olahan makanan, obat-obatan hingga bahan utama dalam pembuatan produk kosmetik. Tidak heran jika Kota Pontianak sangat mendukung terhadap pembudidayaan tanaman lidah buaya untuk selalu dikembangkan. Hal ini pun tentu saja didukung dengan keadaan lahan Pontianak yang berupa lahan gambut sehingga sangat cocok untuk membudidayakan tanaman tersebut. Adapun jenis lidah buaya yang dikembangkan adalah lidah buaya jenis aloe chinensis baker yang umumnya bisa dikonsumsi.

Beberapa produk dari lidah buaya

Setelah penayangan video selesai, selanjutnya kami dipersilahkan untuk melihat macam-macam produk olahan dari bahan lidah buaya. Berbagai jenis minuman dan makanan seperti minuman lidah buaya dengan aneka rasa, permen lidah buaya, kerupuk lidah buaya dan dodol lidah buaya. Tidak hanya dalam bentuk minuman dan makanan, tetapi juga dalam bentuk produk kecantikan yaitu kosmetik. Olahan lidah buaya dalam bentuk kosmetik ini berupa pembersih muka, lotion dan shampo.

Tampak beberapa jenis lidah buaya sebagai tanaman hias


Salah satu tanaman hias dari jenis lidah buaya

Tampak jenis lidah buaya yang banyak dikembangkan

Kegiatan tidak hanya berhenti didalam ruangan saja, selanjutnya kami diajak untuk melanjutkan kegiatan diluar ruangan. Disini kami bisa langsung melihat tanaman lidah buaya yang dibudidayakan. Ukurannya pun relatif besar dan berbeda jauh dengan yang biasa ditanam oleh masyarakat dipekarangan rumah. Tidak hanya lidah buaya yang bisa dikonsumsi saja ada disini, tetapi juga ada berbagai jenis tanaman lidah buaya hias. Bentuknya pun sangat unik-unik bahkan ada yang memiliki bunga. Disetiap pot tanaman tersebut juga tertempel nama ilmiahnya yang akan membuat kita mudah untuk mengenalinya. Sungguh pengetahuan yang sangat luar biasa bisa berkunjung ditempat ini.
Semakin jauh perjalanan kami, kami juga menjumpai penangkaran anggrek yang memiliki jenis bermacam-macam. Berdasarkan kabar yang saya dengar, anggrek yang dibudidayakan ini ternyata merupakan anggrek khas Kalimantan. Dan tidak kalah penting, disini juga disediakan taman untuk bersantai ketika sudah merasa lelah. Dan jika anda berkunjung disini bersama anak-anak, tempat ini juga menyediakan taman bermain yang akan membuat anak anda betah ketika datang kesini.

Menikmati kesegaran minuman lidah buaya

Setelah puas berkeliling, kami pun memutuskan untuk segera berkumpul di pendopo. Ketika berkumpul, kami juga dihidangkan minuman lidah buaya dengan rasa leci yang segar. Rasanya sungguh nikmat, apalagi disantap ketika cuaca panas begini. Rasa lelah berkeliling dan panasnya matahari pun langsung hilang. Terimakasih kepada pihak Aloevera Center Pontianak yang telah menyuguhkan kami minuman segar dengan harga yang cuma-cuma alias gratis.

Foto bersama

Sebelum pulang, kami menyempatkan diri terlebih dahulu untuk berfoto kepada pihak Aloevera Center Pontianak sekaligus mengucapkan terimakasih karena telah menerima kunjungan kami. Apalagi pelayanan yang diberikan sangat mengena di hati kami.

Media Sosial yang digunakan:


EmoticonEmoticon