Monday, April 24, 2017

Istana Kesultanan Kadariah Pontianak

Gambar dari luar Istana Kadariah

Berkunjung ke Kota Pontianak rasanya tidak lengkap jika belum mampir di Istana Kadariah. Istana yang didirikan pada tahun 1771 M ini merupakan sebuah peninggalan Kesultanan Pontianak dan juga sejarah awal berdirinya Kota Pontianak. Syarif Abdurrahman adalah seseorang yang memiliki kaitan erat terhadap berdirinya  Istana Kadariah. Datangnya rombongan Syarif Abdurrahman di simpang tiga sungai (Sungai Kapuas besar, Sungai Kapuas Kecil dan sungai Landak) menjadikan daerah yang dahulunya hutan lebat menjadi daerah pemukiman. Kedatangan Syarif Abdurrahman inilah yang menjadi rujukan tanggal berdirinya Kota Pontianak dan sekaligus sebagai sultan pertama di Kesultanan Pontianak. Istana Kadariyah yang diidentik dengan warna kuning ini terletak di Kampung Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur.

Gambar dari dalam Istana Kadariah

Ketika berkunjung ke Istana Kadariah, anda akan disambut dengan adanya meriam kuno. Meriam ini adalah buatan dari Perancis dan Portugis. Memasuki bagian dalam istana, anda akan melihat banyaknya peninngalan kerajaan yang masih tersisa. Disini dapat dilihat peninggalan cermin antik buatan Perancis yang disebut masyarakat setempat cermin retak seribu. Selain itu, peninggalan menarik lainnya juga masih terawat dengan baik seperti singgasana raja, alat senjata kerajaan, Al-quran tulisan tangan, foto-foto masa kerajaan tempo dulu dan lain-lainnya. Untuk memperoleh informasi kita bisa bertanya kepada para penjaga istana yang memiliki pengetahuan tentang keberadaan Istana Kadariyah.

Pajangan foto

Tidak jauh dari Istana Kadariyah, para pengunjung juga bisa mengunjungi masjid Jami' Sultan Syarif Abdurrahman. Masjid ini adalah masjid tertua di Kota Pontianak dan juga merupakan saksi berdirinya Kota Pontianak. Keunikan dari masjid ini adalah karena kontruksinya didominasi dari kayu belian.

Peninggalan kerajaan

Tidak hanya menikmati wisata budaya dan religi, disini para pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam Sungai Kapuas. Lalu lalangnya kapal, masyarakat yang bermain kano dan bongkar muat barang diseberang sungai dapat anda lihat disni. Ketika senja tiba, suasana ditepian sungai sekitar ini semakin menarik.

Media Sosial yang digunakan:

2 comments

Kate orang kalau belom sampai kesini, bearti belom sampai ke Pontianak

ie bang, kate orang kayak gitu. tadak sah ke Pontianak kalau belom kesitu


EmoticonEmoticon